Tanaman Terserang Penyakit, Konsultasikan di Klinik Penyuluhan Pertanian

HamaTarutung – Masyarakat Tarutung ramai mengunjungi klinik penyuluhan pertanian yang dibuka tiap hari pekan di Pasar Tradisional Tarutung. Di sana masyarakat bisa berkonsultasi mengenai pertanian, seperti tanaman cabai, pupuk dan lahan.

Op Ganda Lumbantobing saat ditemui di klinik mengatakan, klinik itu sangat berguna bagi masyarakat. Pasalnya banyak keluhan petani bisa disampaikan terhadap dinas terkait.

“Kita banyak mengalami kendala soal pertanian. Untung ada klinik penyuluhan ini yang dibuat setiap hari pekan. Ini begitu membantu para petani” ungkap Op Ganda. Menurutnya, keluhan petani banyak tentang tanaman cabai karena saat ini masyarakat Tarutung mayoritas membudidayakan tanaman cabai merah.

“Saat ini tananan cabai kita diserang penyakit keriting. Setelah kita datangi klinik penyuluhan pertanian, mereka memberikan solusi caran
mengatasinya dan langsung tanggap dan turun ke lapangan,” lanjut Op Ganda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tony Simangunsong beserta Kakan Penyuluhan SEY Pasaribu beserta Camat Tarutung ikut berpartisipasi dan langsung tanggap soal pertanian. Klinik penyuluhan pertanian tersebut dibuka setiap hari pekan di masing-masing kecamatan.

Dampaknya begitu banyak, dimana para petani datang konsultasi mengenai tanaman yang mereka tanam. “Jika ada petani datang meminta penyuluhan pertanian, kita langsung turun ke lokasi. Kebanyakan petani mengeluh soal keasaman tanah, pupuk dan penyakit” ujar SEY.

Setelah adanya dibuka klinik penyuluhan pertanian tersebut, mereka langsung mengetahui keluhan para petani mengenai masalah yang mereka hadapi.

Kepala Dinas Pertanian Tony Simangunsong menegaskan, para penyuluh pertanian agar proaktif terhadap keluhan para petani. Memberikan pelayanan yang terbaik, karena mayoritas masyarakat Taput bertani.

“Kita siap membantu para petani. Tidak ada masalah pertanian yang tidak bisa diselesaikan. Yang penting petani mau diajari,” imbuh Tony.
Dia menyarankan, jika ada masalah yang dihadapi petani soal tanaman yang mereka tanam supaya langsung konsultasi ke posko klinik penyuluhan pertanian yang dibuka di setiap kecamatan. (tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s