Ahok Gugat Ketentuan Cuti, Mendagri: Gubernur Wajib Patuhi UU

MendagriJakarta – Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggugat ketentuan calon kepala daerah incumbent harus cuti pada saat kampanye. Ahok ingin ketentuan itu tak wajib lantaran dia memilih bekerja daripada cuti.

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan sah-sah saja Ahok mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK), tapi seyogyanya kepala daerah itu mematuhi undang-undang yang berlaku.

“Kepala daerah itu sudah disumpah dalam jabatannya pada waktu pelantikan salah satunya adalah melaksanakan setiap keputusan undang-undang, itu salah satu sumpah kepala daerah,” ucap Tjahjo sebelum rapat paripurna kabinet di komplek Istana, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

“Hukumnya wajib kepala daerah dan pejabat menteri dan sebagainya untuk melaksanakan amanah ini,” tegas Tjahjo.

Tjahjo menuturkan dalam UU Pilkada setiap kepala daerah yang mencalonkan lagi, wajib cuti di luar tanggungan saat masa kampanye. Saat cuti, maka posisinya akan diganti sementara oleh pelaksana tugas (Plt).

“Sejak itu akan diangkat seorang Plt yang akan mengawal jalannya pemerintahan di DKI hingga tiga hari sebelum pemilihan (12 Februari). APBD akan dikawal oleh Plt dan bila saudara Ahok mau ikut kawal, boleh-boleh saja,” terang Tjahjo.

Soal judicial review yang diajukan Ahok itu, Tjahjo pada intinya mempersilakan, karena itu hak setiap warga negara termasuk kepala daerah. Hanya saja orang mungkin akan ada yang menilai kurang pas dengan tindakan Ahok itu.

“Kita kan sebagai pemerintah punya aturan main dalam penyelenggaraan pemerintahan yang harus secara konsisten kita jaga dan patuhi serta hormati,” kata Tjahjo.
(bal/aan)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s