Dr Janri Nababan Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Kadis Kesehatan dr Janri A Nababan
Kadis Kesehatan dr Janri A Nababan

Tarutung – Kondisi cuaca saat ini tidak menentu dan rentan menyebabkan penyakit. Karenanya, warga diimbau untuk waspada terhadap cuaca ekstrem belakangan ini.

“Seperti saat ini, cuaca dapat segera berubah dengan cepat dari panas dan langung turun hujan. Itu akan membuat tubuh kita rentan terhadap serangan penyakit. Selain itu, dianjurkan tidak meminum es saat cuaca sedang panas. Minuman dingin atau es memang menjadi pilihan banyak orang, terutama saat cuaca sedang panas.

Ini bertujuan untuk mendinginkan suhu tubuh. Namun hal yang perlu diingat adalah, tubuh bukanlah sebuah perangkat yang kebal terhadap perubahan cuaca. Saat tubuh sedang panas dan langsung meminum es atau minuman dingin, maka keseimbangan tubuh akan hilang,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Utara (Taput) dr Janri Nababan menanggapi kondisi cuaca belakangan ini.

Janri mengatakan, kalau udara panas dan langsung meminum es, maka tubuh akan kaget, kerena terjadi ketidakseimbangan dalam suhu tubuh. “Itu bisa diumpamakan sebagaimana benda yang panas dan seketika diguyur dengan air dingin, tentunya hal itu akan membuat kerusakan,” katanya.

Menurutnya, jika dilakukan terus-menerus, maka ketahanan tubuh akan berkurang. Jika ketahanan tubuh menurun, maka virus, kuman dan bakteri akan sangat mudah menyerang tubuh. “Tubuh juga mudah terserang flu,” ujarnya.

Janri menganjurkan, jika menginginkan meminum es atau minuman dingin, sebaiknya diawali dulu meminum air putih dengan suhu normal (suhu ruangan). Ini bertujuan agar tubuh beradaptasi dengan cara menurunkan suhu tubuh. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan menunggu tubuh menurunkan suhu terlebih dahulu. Saat suhu tubuh sudah tidak lagi panas, maka dapat meminum es dengan aman.

“Itu juga tidak boleh berlebihan dan minumlah es seperlunya saja,” pungkasnya.

Janri juga mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kondisi tubuh, apalagi anak usia dini yang masih sangat rentan. Pasalnya, saat ini banyak anak usia dini diserang penyakit deman, batuk dan mencret. Dia juga menyarankan agar segera dibawa berobat ke puskesmas, puskesmas pembantu (pustu) dan pusat kesehatan lainnya. Begitu juga agar para medis kesehatan agar cepat-cepat menanganinnya jika ada keluhan masyarakat. (tul/ara)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s