Kerusuhan di Tanjungbalai, Wapres Minta Semua Pihak Tahan Diri

4Parapat – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, meminta kepada semua pihak agar menahan diri pasca peristiwa pembakaran dan pengrusakan sejumlah vihara di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, Jumat (29/7) malam.

“Kita sesalkan kejadian itu. Saya minta semua pihak bisa menahan diri,” imbau Jusuf Kalla di Markas PMI Sumut, Sabtu (30/7).

Kalla mempercayakan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di Kota Tanjungbalai.

Seperti diketahui sebelumnya, kerusuhan di Kota Tanjungbalai bermula saat seorang perempuan meminta kepada seorang nazir untuk mengecilkan pengeras suara masjid. Namun akibat ruang dialog yang memanas, ratusan massa melakukan pengrusakan dan pembakaran terhadap sejumlah vihara.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengatakan, kerusuhan yang terjadi di Kota Tanjungbalai, Jumat (29/7) malam, patutnya diserahkan kepada pihak kepolisian.

Hal ini dikatakan JK usai meresmikan acara Musyawarah Masyarakat Adat Batak dan Rakernas Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Parapat, Sumatera Utara, Sabtu (30/7).

“Soal kerusuhan itu kita serahkan pada pihak kepolisian ya,” kata JK dan langsung meninggalkan wartawan.

Hal yang sama juga disampaikan Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi. Dia meminta agar semua pihak lebih menahan diri. Hal ini agar suasana di Sumut, khususnya Tanjungbalai tetap kondusif.

“Soal Tanjungbalai saya minta semua pihak tahan diri dahulu agar semuanya tetap berjalan kondusif,” ujar Erry yang juga hadir dalam acara tersebut.

Sebelumnya diketahui, kerusuhan di Kota Tanjungbalai bermula dari permintaan seorang perempuan kepada seorang nazir untuk mengecilkan pengeras suara masjid. Akibatnya, ada enam vihara dan kelenteng yang diserang ratus warga.

Kebanyakan pembakaran dilakukan pada alat-alat persembahyangan, sedangkan bangunan vihara tidak terbakar habis. Dalang dan pelaku dari kerusuhan tersebut masih diselidiki. (rdn/eal)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s