Sulitnya Melintas ke Lokasi Wisata Kelahiran Sisingamangaraja

JalanDOLOKSANGGUL – Ruas jalan dari Doloksanggul menuju lokasi wisata lembah tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I hingga XII di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan (Humbahas) tergerus longsor. Kini, terdapat dua titik longsor yang cukup membahayakan.

Amatan wartawan , Minggu (17/7), titik longsor itu tidak jauh dari lokasi obyek wisata Danau Toba di Bakkara, persisnya berada di tikungan Sirogos dan di daerah jalan wisata pegunungan Bakkara. Selain itu, ada banyak material tanah dan pepohonan tumbang. Namun, telah dibersihkan oleh penduduk sekitar.

Begitu pula badan jalan di sekitar jembatan Sirogos, kondisinya sudah rusak parah. Sebab, aspalnya sudah terkelupas habis. Memang masih bisa dilintasi, tapi harus sangat hati-hati dan perbaikan secepatnya agar kerusakan badan jalan tidak meluas.

Sejumlah kendaraan yang melintasi jalan itu terpaksa harus ekstra hati-hati. Apalagi beberapa mobil yang melintas berasal dari luar daerah yang belum mengenal medan tersebut.

Sebab, bisa saja terjerembab ke Sungai Aek Silang. Selain kondisi jalan yang tidak aman dilintasi, rambu tanda bahaya di lokasi itu juga sangat minim dan terkesan asal-asalan.

Dan, dua titik longsor itu sudah makin parah dan sisi jalan sudah berlubang dengan kedalaman sekitar 5-30 meter yang langsung terhubung ke jurang dan panjangnya sekitar 2-15 meter.Kondisi tersebut membuat pengendara dari dan menuju lokasi wisata kelahiran Raja Sisingamangaraja kesulitan melintas.

“Sebagai pengendara yang hampir setiap hari melintasi jalan ini, saya selalu diselimuti rasa cemas. Karena di lokasi longsor ini sangat minim rambu tanda bahaya. Kalau pun ada, hanya seadanya dan dipasang asal-asalan saja,” kata Edison, salah seorang supir kepada wartawan, Minggu (17/7).

Terpisah, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarukim) Rockefeller Simamora mengatakan bahwa pihaknya kini sedang mengusulkan berbagai kegiatan prioritas peningkatan infrastruktur kepariwisataan di Humbahas, salah satunya pelebaran jalan menuju Bakkara.

“Pelebaran jalan dan perbaikan sarana prasarana pendukung pariwisata itu dirasa perlu dalam mendukung Kawasan Strategis Nasional Danau Toba, sehingga kita berupaya mengusulkannya ke pusat,” kata Rockefeller Simamora.

Usul pelebaran jalan itu adalah lintasan menghubungkan Doloksanggul-Bakkara. Kemudian, dinilai perlu perbaikan bahu jalan dan peningkatan struktur jalan di daerah itu.“Pemerintah pusat diharapkan memberikan perhatian serius terhadap seluruh usulan tersebut sehingga kelak anggaran dapat terkucur untuk realisasi pembangunannya,” ujarnya. (bl/ara)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s