Dugaan Korupsi Alkes TA 2013, Kantor BKKBD Taput Digeledah

AlkesTarutung – Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Tarutung menggeledah Kantor BKKBD (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah) Taput, Rabu (13/7). Penggeledahan itu dilakukan terkait penyidikan dugaan korupsi alat–alat kesehatan (alkes).

Tim penggeledahan jaksa dari Kejari Tarutung dipimpin Kasi Pidsus Symon Sihombing bersama Kasi Intel Prabudi, Kasi Datun Sonang Simanjuntak dan Kasi Pemeriksa Soleman Bolla. Dalam penggledahan itu, ada sejumlah berkas penting yang diambil dari ruangan Kantor BKKBD yang dimasukkan ke dalam koper besar.

Kedatangan tim jaksa sekira pukul 10.00 WIB tersebut membuat para PNS maupun pejabat di kantor itu terkejut. Apalagi ada penggledahan ke sejumlah ruangan, yakni ruang program, ruang bendaharawan, gudang dan ruangan Kepala BKKBD Jumaga Nainggolan.

“Penggledahan itu kita lakukan berdasarkan petunjuk pimpinan terkait pengusutan atau penyidikan dugaan tindak pidana korupsi pengadaan alat-alat KB dan alkes TA 2013. Pengusutan kasus korupsi ini sudah melalui tahapan hingga ke tingkat penyidikan sehingga disimpulkan dugaan korupsinya sangat kuat. Karenanya kita lakukan penggledahan sebagai bentuk kuatnya tindak pidana korupsi pengadaan alkes tersebut. Jadi korupsinya sudah jelas ada. Tersangkanya dalam waktu dekat akan kita tetapkan,” ujar Kasi Pidsus Symon Pratama Sihombing dalam temu persnya.

Symon menyebut, tim kejaksaan sudah melakukan kajian menyangkut penyalahgunaan anggaran untuk pengadaan alkes dan alat KB yang dikelola BKKBD Taput TA 2013 Rp532 juta. Pagu ini hanya untuk pengadaan saja. Tidak ikut untuk fisik yang mencapai Rp1 miliar lebih.

“Jadi menyangkut kerugian negara sudah berkoordinasi dengan BPKP dan sudah meminta keterangan beberapa ahli terkait kerugian negara pada pengadaan alkes dan alat KB yang dikelola BKKBD Taput. Maka proses penyidikan sudah lengkap sehingga melangkah ke tahap penetapan tersangkanya,” ujar Symon.

Dijelaskannya, pengadaan alkes dan alat KB itu berupa, ayudikif, inflansif, opzimbet dan komputer. Menyangkut kerugian negara, dalam waktu dekat akan dihitung dengan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) dan ahli terkait fisik.

Sebenarnya, secara hitung-hitungan sudah didapatkan kerugian negara. Terkait dugaan korupsi pengadaan alkes dan alat KB tersebut adalah Kepala BKKBD Taput Jumaga Nainggolan selaku PAPPK (Pengguna Anggaran) dan sekaligus merangkap pejabat pengadaan. Sementara anggotanya Danner Pakpahan. Mereka akan segera diitangani atau diproses.

Symon menyebut, dari hasil penggeledahan ditemukan berbagai berkas dokumen yang diduga kuat dipergunakan terkait dugaan korupsi. ”Barang-barang yang kita sita sudah ada. Sejak November kasus ini sudah mulai diusut. Namun karena masih butuh kelengkapan, maka dilakukan proses penggeledahan. Jika berkas dokumen yang disita ada bukti akan ditahan. Berkas yang tidak ada bukti dikembalikan. Pokoknya kita proses sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sebelumnya, saat tim jaksa dari Kejari Tarutung masih melakukan penggeledahan, tiba-tiba Kepala BKKBD Taput Jumaga Nainggolan datang dan tercengang melihat kantornya digeledah aparat hukum. Penggeledahan itu berlangsung selama 2 jam lebih. Dan berkas yang disita tersebut dibawa dan diamankan di Kantor Kejari Tarutung.“Ada apa ini Pak. Apa yang terjadi di kantor kami ini,” ujar sejumlah pegawai Kantor BKKBD Taput saat tim kejakasaan melakukan penggeledahan. (as)

Satu pemikiran pada “Dugaan Korupsi Alkes TA 2013, Kantor BKKBD Taput Digeledah

  1. Sanggam tobing

    Tolong dibuat komentar pembaca setelah berita yang di publikasikan, biar masyarakat bisa berpartisipasi dan memberi opini atau masukan terhadap berita yg di tampilkan.

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s