94 Persen Lulusan SMAN 3 Tarutung Masuk PTN

Tarutung – Hampir 94,12 persen siswa lulusan SMA Negeri 3 Tarutung tahun ajaran 2015/2016 masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia. Bahkan, ada siswa masuk Akpol dan empat orang masuk STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) yang saat ini masih pantoger di pusat melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jamel Panjaitan mengatakan, prestasi yang diperoleh siswa SMA Negeri 3 Tarutung sangat bagus. Sebab, hampir 94,12 persen masuk PTN ternama di Indonesia juga di Pulau Sumatera.

“Itu semua berkat kegigihan para siswa serta guru-guru yang melakukan tugasnya di SMA Negeri 3. Juga berkat kerjasama guru-guru, pemerintah dengan masyarakat melalui orangtua siswa. Para orangtua siswa tetap mendukung pemerintah melalui bidang pendidikan. Kita juga akan tetap berusaha agar pendidikan di Taput semakin meningkat,” sebut Jamel.

Jamel juga berpesan agar sekolah-sekolah lainnya tetap meningkatkan mutu-mutu pendidikan di Taput, baik tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMK dan SMA. Serta tetap menggalakkan revolusi mental bagi anak didik, juga agar para guru-guru tetap proaktif mengajarkan tugas dan kewajibannya. Begitu juga para orangtua tetap mendukung pemerintah dalam meningkat pendidikan di Taput.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Tarutung Drs Dalles Tambun mengungkapkan, siswa SMA Negeri 3 Tarutung yang masuk PTN tahun ajaran 2015/2016 94,12 persen sebanyak 80 siswa. Melalui jalur SBMTP masuk perguruan tinggi, yakni, IPB, STAN, ITB, ITS, UGM, UI, USU, UNAIR, UNDIP, UNES, UNIB, UNIBRAW, UB, UNILA, UNIMED, UNJAM, UNPAD, UNPAR, UNRI, UNS, UNSRI, UNTIRTA, UNUD dan UPI. Bahkan, ada dua siswa masuk Akpol dan masuk STPDN yang saat ini masih pantoger di pusat. “Kita berdoa agar siswa yang masuk bisa lolos pantoger,” ucap Dalles.

Dia menerangkan, prestasi yang diraih mereka atas kegigihan dan keuletan serta disiplin yang mereka miliki. Karena setiap alumi SMA Negeri 3 Tarutung orientasinnya adalah melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Oleh sebab itu, SMA Negeri 3 Tarutung telah melakukan berbagai upaya supaya alumninya diterima di PTN favorit yang ada di Indonesia. Dimana SMA negeri menerapkan proses belajar dari pagi sampai sore hari. Kadang sampai malam yang dibimbing oleh guru mata pelajaran. Materi pelajaran yang disampaikan pada pagi hari akan diperdalam pada kegiatan ekstrakurikuler di sore hari dan kegiatan tersebut dilakukan mulai siswa kelas sepuluh.

“Sekolah kita juga melakukan kerjasama dengan berbagai bimbingan belajar, misalnya Medica, GEO dan SSC. Bimbingan belajar ini diundang untuk masuk di kelas menyampaikan materi pelajaran persiapan seleksi melaui jalur SBMPTN. Kegiatan tersebut dilakukan khusus untuk siswa kelas dua belas” terang Dalles. (tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s