Warga Tolak Kehadiran Perusahaan Tambang Emas di Muara Sibuntuon

emasTAPTENG – Beralasan berdampak menimbulkan kerusakan lingkungan, warga Desa Muara Sibuntuon, Kecamatan Sibabangun, Tapanuli Tengah (Tapteng) dengan tegas menyatakan menolak kehadiran perusahaan tambang emas memasuki wilayah mereka.

Mereka mengatakan, perusahaan tambang emas ini rencananya akan melakukan penambangan emas di wilayah Muara Sibuntuon. Dan, keberatan warga ini disampaikan kepada anggota DPRD Tapteng Ir Unedo Martin Tobing saat berlangsungnya pertemuan di Gereja BNKP Aek Nahombar, Minggu (10/7).

“Kita menolak keras kehadiran tambang emas di Desa Muara Sibuntuon, karena hanya akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang berdampak pada kekeringan sumber mata air,” kata Eliman Zebua (40), salah seorang perwakilan masyarakat kepada New Tapanuli.

Dikatakan, Desa Muara Sibuntuon merupakan salah satu daerah penghasil karet terbesar di Kecamatan Sibabangun. Bahkan, dua sungai yang mengalir di sekitar Desa Muara Sibuntuon merupakan Kawasan Konservasi Perairan (KKP), dengan kebijakan privatisasi tradisional lubuk larangan. Dikhawatirkan, dengan beroperasinya tambang emas di wilayah Muara Sibuntuon ,maka hasil kebun dan keinginan melestarikan sumber daya air tidak akan tercapai lagi.

Menanggapai aspirasi warga, Ir Unedo Martin Tobing mendukung penuh penolakan warga terkait masuknya tambang emas ke wilayah mereka, karena sebagai wakil rakyat merupakan kewajibannya memperjuangkan kepentingan masyarakat banyak.

“Masalahnya sudah jelas, masyarakat khawatir aktivitas pertambangan akan mengakibatkan kerusakan terhadap lingkungan. Apa yang dikhawatirkan masyarakat sangatlah beralasan, dimana pengerukan tanah oleh pertambangan akan menutup sejumlah sumber mata air.

Imbasnya, lahan-lahan pertanian lainnya tidak akan bisa dikelola,“ katanya.

Dia juga menyarakankan, terkait penolakan kehadiran perusahaan tambang itu, masyarakat harus berjalan dengan aturan yang telah ditetapkan, bukan menolak dengan cara-cara yang tidak elegan. “Saya sarankan dalam hal penolakan, kita tidak boleh anarkis. Masyarakat harus tetap bersatu untuk mempertahankan hak-haknya,” pintanya. (ap/ara)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s