Bandara Silangit Perketat Keamanan

Bandara1Siborongborong – Bandara Silangit Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) selama lebaran dan setelah lebaran memperketat keamanan di pintu masuk gapura bandara tersebut untuk mengantisipasi ancaman teror bom. Razia gabungan itu dilakukan pihak bandara bersama aparat keamanan polres dan petugas TNI Kodimn 0210 Tapanuli Utara.

Para petugas dengan teliti memeriksa setiap kendaraan yang masuk, sekaligus mendeteksi barang-barang bawaan para penumpang.”Razia ini kita lakukan mulai dari 4 Juli sampai tanggal 12 Juli 2016 untuk mengantisipasi ancaram teror bom di Bandara Silangit. Jadi selama 12 H-3 sampai H+7 berlangsungnya lebaran maupun setelah seleai lebaran, keamanan kita perketat. Ini kita lakukan sesuai petunjuk pimpinan sehinggga satuan petugas yang bertugas kita perintahkan untuk pemeriksaan secara ketat,” ujar kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu kepada wartawan, Minggu (10/7) di Bandara Silangit Siborongborong.

Menurut Hotasi, keamanan di Bandara Silangit diperketat karena belakangan ini maraknya ancaman teror bom yang ditujukan dengan sasaran penerbangan. Ancaman teror bom itu harus kita antisipasi di Bandara Silangit karena bandara ini sudah didarati pesawat besar bombardir atau boeing. Penerbangan Bandara Silangit setiap hari sudah ramai dengan penumpang dengan rute Silangit-Batam, Silangit-Jakarta, Silangit Medan dan sebaliknya.

“Jadi sudah sangat padat penumpang dari dalam negeri. Bukan hanya penumpang domestik saja yang datang ke Silangit sehingga keamanan harus diperketat karena potensi teror bom bisa saja datang ke Bandara Silangit. Peningkatan keamanan ini akan terus kita lakukan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Masyarakat diharapkan mengerti akan hal ini,” tegas Hotasi.

Jasmin Nababan, salah seorang pengemudi travel angkutan Bandara Silangit dan seorang penumpang, Tiur Siregar mengatakan, penumpang semakin tinggi setiap hari di masa liburan ini. Karenanya, demi kenyamanan, mereka mendukung pengetatan kemananan oleh pihak bandara.

“Kita mendukung kinerja pihak bandara mengadakan pengamanan yang langsung menghadirkan petugas dari kepolisian dan TNI serta security. Mereka melakukan penjagaan keamanan di pintu gapura untuk pemeriksaan terhadap kendaraan masuk dan lalu lalang demi keamanan,” ujar Nababan.

Amatan wartawan, aparat keamanan dari Polres Taput menyiapkan 5 petugas keamanan dari kepolisian sarta 5 petugas TNI dari Kodim 1210 TU dan petugas security Bandara Silangit melakukan pemeriksaan setiap kendaraan yang masuk dari pintu gapura. Mereka memeriksa kendaraan dengan sangat teliti dengan detector yang sudah disediakan serta memeriksa barang bawaan yang masuk ke Bandara Silangit dan pemeriksaan ini tidak sampai mengganggu kemacetan berjalan aman dan lancar. (as/ara)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s