Pertumbuhan Ekonomi Taput Ditargetkan 6,25 Persen

Tarutung – Pemkab Taput memproyeksikan laju pertumbuhan ekonomi tahun 2016 akan terus naik. Laju pertumbuhan ekonomi tahun 2015 sebesar 6 dan asumsi inflasi 6,20 dengan pendapatan per kapita Rp19,13 juta. Tahun 2016 ditargetkan pertumbuhan ekonomi 6,25 persen.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Taput Indra Simaremare menerangkan, penetapan target indikator makro Taput berdasarkan indikator makro pembangunan Taput 2015. Pembangunan Taput 2015 menunjukkan stabilitas yang cukup baik.

Selain itu, kondisi perkembangan ekonomi mikro Taput 2016, diproyeksikan tumbuh 6,25 persen . Laju pertumbuhan ekonomi 6,25 persen dan asumsi inflasi 6,25 persen dengan produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita Rp 23,42 juta.

Pertambahan angka laju pertumbuhan ekonomi itu dimaksudkan, guna mengejar pendapatan per kapita. Target angka proyeksi itu realistis, mengingat peluang di sektor pertanian, meliputi sub sektor tanaman bahan makanan (pangan) dan perkebunan sub perikanan dan peternakan sub kehutanan.

”Peranan sektor pertanian terhadap peningkatan PDRB per kapita diharap melalui peningkatan produksi sektor pertanian yang dilakukan melalui upaya optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian dengan berbagai upaya. Diantaranya, pemberian bibit dan benih unggul, bantuan subsidi lahan pertanian dan penyediaan pupuk,” ujarnya. Peningkatan PDRB per kapita, diharapkan juga dari peranan sektor perdagangan, hotel dan restoran. Kemudian, dari sektor jasa-jasa. Sektor jasa-jasa, khususnya sub sektor jasa pemerintah diharapkan akan meningkatkan peranannya terhadap PDRB. Kemudian, peranan sektor konstruksi/bangunan. Seiring pembangunan investasi bangunan yang akan dilakukan pemerintah pusat, swasta maupun masyarakat.

”Jadi kinerja seluruh SKPD terus digenjot agar investasi itu bisa tercapai. Bagi masyarakat, sebenarnya sangat sederhana saja, bagaimana mereka terus mengejar produktifitas produk unggulan. Dengan demikian, pendapatan mereka (masyarakat) juga semakin meningkat, karena pasar produk terbuka luas. Bisa juga dengan membuka jalan-jalan ke sentra produksi oleh masyarakat. Itu juga adalah bagian investasi, tentunya, Pemkab Taput akan terus menggalakkan gotong royong di setiap desa,” katanya. (tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s