Hari Sabtu Dana Pensiun ke-13 akan Dicairkan

Pematangsiantar – Ini kabar gembira bagi para pensiunan. Meski tak mendapat THR atau gaji ke-14, pensiunan tetap mendapat tunjangan bulan ketiga belas. Dananya sudah bisa dicairkan sejak Sabtu, 2 Juli mendatang di kantor bayar masing-masing.

Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar, Fahri mengatakan pencairan pensiun ke-13 itu berlangsung selama tiga hari. Yakni mulai Sabtu (2/7) hingga Senin (4/7).

“Meski hari libur, tetap bisa diambil di kantor bayar masing-masing. Di sana akan disediakan posko bayar untuk pensiunan. Jadi pensiunan bisa mengambilnya sejak 2 Juli hingga 4 Juli,” ujar Fahri, Rabu (29/6).

Dia menambahkan, pembayaran gaji ke-13 ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016 tertanggal 17 Juni 2016, tentang Pemberian Gaji, Pensiun atau Tunjangan Ketigabelas kepada PNS, Pejabat TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun.

“Besaran pensiun ke-13 ini sama dengan gaji pokok, tanpa tunjangan beras dan tanpa potongan, kecuali potongan untuk pajak penghasilan (PPh 21),” katanya.

Dan, lanjut Fahri, pensiun atau tunjangan bulan ketiga belas ini juga tidak boleh dipotong dengan angsuran maupun kredit atau potongan pihak ketiga.

Selanjutnya, bagi pensiunan yang menerima dana pensiun maupun tunjangan lebih dari satu penghasilan, berupa gaji, tunjangan maupun pensiun yang terdiri dari bebeapa jenis, maka dana pensiun ke-13 ini akan diberikan untuk salah satu dari gaji, tunjangan dan pensiun yang jumlahnya lebih menguntungkan.

“Termasuk bagi penerima pensiun janda/duda juga akan diberikan pensiun ke-13. Juga kepada penerima pensiun terusan. Jumlahnya sebesar pensiun terusan itu tadi,” ungkap Kepala PT Taspen yang membawahi 18 kota dan kabupaten se Sumatera Utara ini.

Namun, khusus kepada pensiunan PNS eks Departemen Perhubungan pada PT KAI (Persero), akan diatur dalam petunjuk pelaksanaan tersendiri.

Disebutkan, untuk pembayaran gaji pensiun regular, para pensiunan sudah bisa mengambilnya mulai Jumat, 1 Juli atau sehari sebelum pembayaran gaji ke-13.

Terakhir, Fahri mengimbau kepada para pensiunan untuk selalu berhati-hati dengan berbagai macam penipuan yang mengatasnamakan PT Taspen.

“Jika ada oknum yang mengatasnamakan PT Taspen menghubungi dan mengaku hendak membantu mencairkan dana dengan meminta imbalan, berarti itu penipuan. Kita tidak pernah memungut biaya apapun untuk pengurusan dan pelayanan kepada peserta,” tukasnya.

“Jika menemukan orang yang mengaku dari PT Taspen dan meminta imbalan tadi, silahkan kontak kita di nomor (0622) 21996 atau call center 1500919.” (rel/hez/ms)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s