Festival Wisata Danau Toba, “Kebanggaan Indonesia di Balik Pesona Alam yang Melegenda”

Danau Toba merupakan danau terluas se-Asia Tenggara. Selain luasnya yang luar biasa menakjubkan, masa lalu, Danau Toba tidak kalah keindahannya. Dengan ketinggian mencapai 900 meter di atas permukaan laut, Danau Toba awalnya berupa supervolcano, yaitu gunung berapi raksasa yang mampu menghasilkan letusan dahsyat dan termasuk di antara letusan terdahsyat dalam sejarah bumi.

Oleh : Alfredo
HutaginjangPergeseran lapisan bumi membuat dasar danau naik dan membentuk pulau, yaitu Samosir yang sangat indah dan memiliki potensi alam dan budaya. Sejauh mata memandang, terlihat keindahan danau yang di kelilingi deretan pegunungan. Kabut tebal kadang menyelimuti danau yang sejuk dan dingin. Selain itu, ada juga berbagai kebudayaan dan adat Batak yang berada di sekitar Danau Toba.

Ada juga beberapa rumah adat Batak yang masih asli dan sejarah-sejarah para leluhurnya. Betapa luar biasanya potensi sumber daya alam dan budaya di kawasan Danau Toba.
Jika dikaji lebih lanjut, Danau Toba adalah salah satu surga dunia. Hal itu bisa diwujudkan jika ada upaya pengelolaan dan pengembangan wisata yang berdaya guna, berhasil dan handal.

Selain itu, festival tahunan Danau Toba juga diharapkan mampu mendongkrak daya tarik wisatawan. Karena melalui festival itu akan terlihat keunggulan-keunggulan alam dan budaya sekitar Danau Toba. Dan, prospek keunggulannya bergantung pada masyarakat dan pemerintah.

KATA PENGANTAR
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara. Daya pikat paling utama dari wisata Danau Toba ini terletak pada keindahan alam dan keragaman budaya yang menawan hati. Danau vulkanik terbesar di dunia ini sangat mendukung untuk menjadi primadona wisata di Indonesia, bahkan di dunia.
Diperlukan usaha penataan dan pengembangan yang optimal agar mampu menciptakan kondisi objek kawasan wisata yang berdaya guna.

Karya tulis ini mencoba untuk mengulas mengenai pentingnya peranan masyarakat dan pemerintahan dalam pengelolaan sumber daya alam dan budaya yang mampu mendongkrak dunia. Untuk itu, penulis tidak lupa mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya dalam menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul ‘Festival Wisata Danau Toba Sebagai Kebanggaan Indonesia Dibalik Pesona Alam Yang Melegenda’. Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ini berguna dan kiranya dapat menambah wawasan bagi kita.

PENDAHULUAN
1.1 Ruang Lingkup
Pengembangan kepariwisataan dan kebudayaan di Sumatera Utara memiliki arti yang sangat penting dan strategis. Karena sektor ini adalah sektor andalan yang diharapkan dapat mendukung perkembangan pembangunan daerah dengan cara usaha ekonomi daerah multi sektor, serta memperdayakan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan konstribusi yang besar bagi pendapatan daerah.

Agar mampu menciptakan kondisi objek dan daya tarik wisata yang akan melayani berbagai kepentingan, seperti masyarakat, swasta dan pemerintah diperlukan usaha penataan dan pengembangan yang optimal sesuai daya dukung dan daya tarik wisatawan. Sekaligus juga diharapkan dapat merubah serta meningkatkan citra daerah menjadi tujuan wisata yang ‘handayani’, yaitu daerah tujuan wisata yang berdaya guna, berhasil dan handal. Kawasan wisata Danau Toba merupakan salah satu objek wisata yang memiliki daya tarik dan juga salah satu ikon di Sumut. Danau Toba merupakan salah satu andalan wisata yang dikembangkan sebagai salah satu objek wisata alam, pantai, budaya dan wisata kuliner.

Dibutuhkan penataan dan pengembangan objek wisata Danau Toba yang sangat menonjolkan potensi alam dan budayanya. Ini ditunjang dengan adanya keberadaan beberapa fasilitas, seperti ruang terbuka, warung-warung makan, hotel, kios-kios souvenir, tempat ibadah dan KM/WC.
Upaya penataan dan pengembangan wisata ini harus dilengkapi sarana dan prasarana agar terwujud suatu kawasan terpadu antara olahraga, rekreasi, akomodasi dan konservasi sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan.

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s