Pesta Gotilon, Menambah Nilai Wisata Danau Toba

SAMOSIR- Guna mengembangkan pariwisata Danau Toba, dipoles dengan nilai budaya tradisional yang kental, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Samosir menyandingkan pariwisata dengan pertanian.

Untuk kali pertama, Pemkab Samosir turut langsung dalam Pesta Gotilon (pesta panen), bagian dari Horas Fiesta Tahun 2016. Acara digalakkan Dinas Pariwisata, diadakan di Desa Sarimarihit, Sianjur Mula-mula, Samosir, Sabtu (17/6) sekira pukul 11.00 WIB.
Kegiatan pertama kali dihadiri langsung Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, bersama Wakil Bupati, Kapolres Samosir AKBP Donald Simanjuntak dan mewakili Kejaksaan Samosir.

Tahap demi tahap acara dilakukan sesuai tradisi adat di Kabupaten Samosir. Dimulai kegiatan Jalang Raja, dilanjutkan Parboa-boa kepada Penguasa dan Mangalas Borotan (Memohon kepada Bumi dan Langit dengan peserta memakai tas atau disebut Hajut).
Tampak tokoh kampung, penetua adat dan juga ratusan masyarakat, berbaur bersama wisatawan mencanegara, mengkuti acara. Tak terlepas wisatawan ini turut mengabadikan setiap kegiatan.

Menjadi acara puncak dan menyedot perhatian, ketika dilakukan Mangalas Borotan. Lembu sengaja diarak ke depan dan dikelilingkan di pohon yang sengaja dipancangkan di halaman Rumah Adat Batak.
Lembu yang sudah diikat, digiring tiga orang pria diiringi dentuman musik Gondang Lae lae, agar lembu tersebut jinak. Sementara asap dupa kemeyan sengaja dibakar. Lembu dewasa ini sempat berontak, begitu dikelilingkan ketiga kali, mulai menurut sampai ditambaktkan ke ponom yang disebut borotan, tepatnya di tengah lapangan.
Para masyarakat tani membawa “silua” atau persembahan untuk Tuhan. Tradisi Gotilon menjadi kesempatan yang baik bagi setiap warga untuk menyatakan rasa sukur, karena Sang Maha Pencipta telah memberikan waktu, matahari, hujan, dan segalanya untuk menjadi berkah. Pesta Gotilon ini dilaksanakan melalui kebaktian keagamaan dan adat istiadat setempat.
Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro, menerangkan acara Gotilon sudah berlangsung sejak tahun 2014, dan acara kali ini untuk ketiga kalinya. “Pesta secara swadaya, awalnya oleh maasyarakat dipandu advokasi atau JNO, diswadayakan,” ucap Ombang.
Tahun berikutnya, Pemkab Samosir memberikan pendampingan agar budaya langka ini dapat tergali dan terpelihara. “Pelestarian budaya terkait pertanian di Pesta Gotilon, karena ada tani dan bibit dalam tanam pagi. Musim tanam menjadi agenda, mulai tahun 2015 Pemkab dengan msyarakat melakukan Pesta Gotilon. Diharapkan Pesta Gotilon tahun depan menjad lebih dan menjadi kerja Horja Bius (pesta, musyawarah kelompok Raja Si Pitu Tali ),” ucapnya
Di sela-sela kegiatan, Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, meminta restu akan kegiatan yang berjalan lancar. “Gotilon ada panen, untuk ke depan menjadi Horja Bius lebih tinggi dalam pekerjaan dengan ritual juga yang lebih jauh,” katanya.
Menurut Rapidin, Gotilon menjadi suatu nilai spiritual yang patut dijunjung tinggi, karena menyangkut budaya lokal yang mempersembahkan panennya. Diharapkan, agar bisa diwujudkan dalam kegiatan berkelanjutan.
“Mengenai irigasi, menjadi perhatian kami karena menjadi visi dan misi kami dalam pariwisata dan pertanian. Pesta ini berkaloborasi antara pariwisata dan pertanian, ini event emas dan akan kita maksimalkan. Ini menjadi kunjungan pertama saya setelah dilantik menjadi Bupati. Ke depan juga akan ada pendakian ke Pusuk Buhit, merupakan gunung yang sakral kepada penduduk untuk memberikan penjalasan kepada tamu-tamu. Dolok ini punya keramat, pendakian tidak boleh lebih satu hari,” katanya. (dev)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s