Pasar Lelang Tani akan Dibuka di Tarutung

PasarTarutung – Pasar lelang komoditi hasil pertanian seperti yang telah diterapkan di Pasar Siborongborong juga akan dibuka di Pasar Tarutung. Rencananya pasar lelang itu akan digelar setiap pekan, mulai Sabtu 25 Juni nanti.

Program itu diutarakan Bupati Drs Nikson Nababan saat pertemuan dengan seluruh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian se-kabupaten itu di rumah dinasnya di Tarutung, Jumat (17/6/2016).‬ Hadir juga Asisten I dan Asisten II, Kepala Bappemas dan Kepala BP4K.
Menurut Bupati, pasar lelang Siborongborong direspon positif oleh petani dan pedagang. Terobosan itu juga diapresiasi petani dan pedagang di kecamatan lain. Dan berdasarkan laporan para camat, mereka meminta agar pasar lelang serupa dibuka di tiap kecamatan.

“Saat ini yang terdekat adalah Pasar Tarutung. Di situ pasar lelang tani serupa akan dibuka setiap hari Sabtu, pembukaan perdananya 25 Juni nanti. Dan secara bertahap akan dibuka juga di seluruh kecamatan yang ada,” ujar Bupati.

Saat ini yang dilelang masih komoditi cabai. Tetapi, sambung Bupati, pemerintah daerah akan berupaya agar pasar lelang tersebut juga bisa melelang komoditi lain seperti gabah, kopi, dan lainnya. Bahkan ada rencana untuk mengepul hasil dari desa pelosok dan terpencil melalui pihak pemerintah kecamatan masing-masing. Dimana pemerintah daerah akan menyediakan truk untuk mengangkutnya ke pasar lelang.

“Saya mau para camat bekerja keras untuk ini. Para PPL juga harus bekerja keras membimbing para petani agar gigih mengembangkan pertanian khususnya cabai. Semua harus bersinergi, mulai dari camat, PPL dan kelompok kerja pasar lelang,” tegas Bupati.‬

Pemerintah daerah, masih Bupati, juga tengah memikirkan cara pemberian subsidi harga demi membangkitkan semangat masyarakat untuk bertani. Subsidi harga itu akan disalurkan khususnya ketika harga anjlok, sehingga petani tidak lagi pernah merugi.

“Dengan adanya subsidi itu, maka stabilitas harga jual oleh petani tetap terjamin,” pungkas Bupati. (ST)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s