Bupati Taput Pimpin Rapat dengan PPL Pertanian se-Taput

PPLTarutung – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan didampingi Asisten I Drs Haji Pemimpin Marpaung dan Asisten II Drs Parsaoran Hutagalung, Kepala Bappemas dan Kaepala BP4K pimpin rapat secara langsung dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian se-Kabupaten Tapanuli Utara, membahas Pasar lelang yang telah berjalan selama ini di Pasar Siborongborong dan akan dibuka di Pasar Tarutung pada Sabtu (25/06) pukul 04.00 wib. Pasar lelang ini juga mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, dimana pada hari Senin (20/06) Pasar Lelang Siborongborong akan mendapat kunjungan dari Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan dan Kementerian Perdagangan. Rapat dan diskusi berlangsung hangat dan penuh suasana kekeluargaan di Pendopo Rumah Dnas Bupati Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (17/06).

“Kita bangga, pasar lelang kita mendapat perhatian khusus dari tiga kementerian sekaligus karena kita sudah mendapat informasi akan mendapat kunjungan ketiga kementerian tersebut pada Senin (20/06) langsung di Pasar Lelang Siborongborong.
Ini adalah sebuah terobosan dan saya berharap ini akan dapat berkembang dan kita akan membuka lelang kembali di Pasar Tarutung pada Sabtu (25/06) mendatang. Saya berharap, pasar lelang ini akan memberikan manfaat yang luas bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat petani. Saat ini, kita masih melelang komoditi cabai, tetapi ini akan berkembang dengan komoditi lain seperti gabah, kopi, dan komoditi lainnya,” ujar Bupati mengawali.
Selanjutnya Bupati menyampaikan pasar lelang ini akan berkembang sampai ke seluruh kecamatan.
“Saya mau semua camat mengajukan pasar lelang ini untuk dilaksanakan di kecamatan masing-masing. Semua masyarakat harus merasakan program pasar lelang ini sampai kepelosok sekalipun. Walaupun cabainya hanya puluhan kilo, kita akan kumpulkan melalui camat dan kita akan sediakan truk untuk mengangkutnya ke pasar lelang. Saya mau para camat bekerja keras untuk ini. Para PPL juga harus bekerja keras untuk membimbing dan memberikan penyuluhan bagi para petani untuk dapat mengembangkan pertanian cabai.
Semua harus bersinergi, mulai dari Camat, PPL dan Pokja Pasar lelang untuk mengembangkan pasar lelang ini,” ujar Bupati menambahkan.
“Rencana saya, tahun depan kita akan membuat program subsidi harga untuk membangkitkan geliat masyarakat dalam bertani. Subsidi harga akan kita lakukan ketika harga anjlok sehingga petani tidak merugi. Jadi petani tetap bergairah dalam bertani dan menanam cabai karena harga dijamin pemerintah melalui subsidi harga. PPL Pertanian juga harus mengikuti langkah cepat yang telah kita lakukan saat ini. PPL harus memberikan pendampingan bagi para petani kita. Dalam waktu dekat, PPL kita juga akan studi banding ke daerah yang lebih maju pertaniannya sehingga petani kita semakin cerdas dan memiliki kegigihan dalam bertani.
Yakinlah kita akan mengalami percepatan dalam meraih kemajuan dan kemakmuran. Mari kita bersama-sama untuk mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan kita gali potensi besar yang dimiliki Tapanuli Utara,” ujar Bupati mengakhiri.
Di sela-sela rapat yang berlangsung dengan penuh kekeluargaan, juga dibarengi dengan diskusi dan Tanya jawab yang berlangsung dengan hangat dan memberikan motivasi bagi PPL Pertanian dalam menjalankan tugasnya. (Humas)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s