Bupati Taput Drs Nikson Nababan Kunjungan Kerja ke Torhonas dan Siantar Naipospos,

9aAdiankoting – Perjalanan kedua dilanjutkan kembali menyusuri alam dengan tantangan yang luar biasa. Menaklukkan alam dengan medan yang sungguh mampu membuat nyali menjadi ciut, melalui bebatuan yang menghadang menggentarkan langkah tetapi tidak mampu menghentikan langkah Drs Nikson Nababan dengan rombongan untuk menaklukkan jalan setapak yang terjal dan jurang yang dalam, karena Bupati ingin melihat langsung desa terisolir dan bertemu dengan masyarakat Torhonas dan Siantar Naipospos Kecamatan Adiankoting, salah satu desa terisolir di Kabupaten Tapanuli Utara yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang terjal dengan bebatuan dan tanah liat yang curam dan sangat licin.

9bRombongan berangkat dari rumah dinas Bupati Tapanuli Utara, Rabu (8/6) sekitar pukul 14.00 dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan tujuan pertama Dusun Torhonas Desa Pardomuan Nauli. Dengan jatuh bangun dan beberapa dari rombongan jatuh bangun dan mengakibatkan luka ringan tidak menyurutkan langkah rombongan dan tetap semangat melanjutkan perjalanan hingga tiba di Dusun Torhonas pukul 17.30 wib. Rombongan disambut gembira oleh masyarakat Torhonas dan merangkul Bupati Taput dengan penuh haru.
Usai disambut masyarakat Torhonas, Bupati dan rombongan istirahat sejenak dan dilanjutkan dengan makan malam. Masyarakat telah berkumpul di pogu ni alaman kembali dan menanti kehadiran Bupati Taput ditengah mereka dengan sangat bangga. “Kami sangat bangga Bapak Bupati hadir di tengah-tengah kami dengan menempuh jalan yang sangat berat yang tiap hari kami lalui. Kami yakin kehadiran bapak di tengah-tengah kami akan membawa perubahan yang luar biasa yang kami nanti-nantikan selama ini bagi kampung kami yang hampir tidak dikenal orang,” ujar Kepala Desa Pardomuan Nauli ketika menyambut rombongan Bupati Taput Drs Nikson Nababan
Acara diawali dengan penyampaian ucapan selamat datang kepada rombongan dari masyarakat dilanjutkan dengan penyampaian permohonan-permohonan dari masyarakat mengenai pembangunan di Torhonas, mulai dari jalan, pendidikan, kesehatan dan pertanian. “Kami yakin apa yang kami tuturkan ini telah bapak pikirkan sebelum kami sampaikan karena kehadiran bapak di sini saja merupakan pertanda bagi kami bahwa kampung kami ini akan mengalami perubahan,” ujar masyarakat dan para tokoh masyarakat sembari ‘mangulosi Bupati sebagai lambang rasa bahagia dan sayang mereka kepada Bupati Taput Nikson Nababan.
Menyambut rasa haru dan gembira masyarakat, Banjir Simanjuntak salah seorang dari rombongan Bupati Taput selaku tokoh masyarakat Tarutung menyampaikan bahwa perjalanan luar biasa ini merupakan terobosan yang patut diapresiasi. Bupati Taput menempuh segala resiko dengan melakukan perjalanan ke Dusun Torhonas menggunakan roda dua. “Sungguh luar biasa semangat Nikson Nababan, tidak ada takut menempuh medan yang sangat berat. Keinginannya sangat besar untuk menaklukkan beratnya alam yang harus diterobos untuk membuka jalan bagi penduduk Torhonas untuk bisa interkoneksi dengan daerah lain,” ujar Banjir mengawali.
“Seandaianya saya yang terpilih jadi Bupati Taput, saya akui secara jujur saya tidak akan mampu melakukan itu. Saya tidak akan mampu dan berani turun ke daerah seperti ini. Luar biasa Bupati kita ini, berani mempertaruhkan nyawa dengan menggunaakan roda dua ke lokasi ini. Melihat semangat beliau, kami juga tertular dari semangat dan berani. Yakinlah, di tangan Nikson Nababan Torhonas sebagai daerah terisolir akan berubah wujud menjadi daerah maju yang banyak dicari orang karena hasil alamnya. Kita ucapkan selamat datang kemajuan,” ujar Banjir mengakhiri.
Dandim 0210 Tapanuli Utara Letnan Kolonel Inf. Baginta Bangun turut serta dalam rombongan. Nyali dan keberanian Dandim ini juga menyala-nyala dalam mengikuri rombongan dan rasa capek dan lelah terhapus dengan sambutan dan tatapan polos masyarakat Torhonas. “Saya bangga dan terharu turut dalam rombongan berada ditengah-tengah amang inang. Sungguh perjalanan yang luar biasa. Percayalah amang inang, kehadiran Bupati Taput Drs Nikson Nababan saat ini akan membawa pencerahan terutama di bidang pertanian karena daerah ini memiliki alam yang sungguh subur dan kaya. Apabila jalan ini sudah dibuka, jalan menuju kemajuan terbuka lebar,” ujar Dandim mengakhiri.
Mewakili Kejaksaan Tarutung, Soleman Bolla, SH dan Sonang Simanjuntak SH juga ikut dalam rombongan. “Perjalanan luar biasa. Semangat kami membuat kami tetap bertahan walau saya harus jatuh di bebatuan dan mengalami luka ringan, tetapi melihat semangat dan kegigihan Bupati menaklukkan jalanan terjal itu saya jadi termotivasi “beliau bisa, saya juga pasti bisa” ujar Sonang Simajuntak di sela-sela perjalanan saat istirahat sejenak.
Rombongan juga diikuti anggota DPRD Frengky Simanjuntak dan Jonggi Lumbantobing yang tetap semangat dan tegar mengikuti perjalanan demi perjalanan yang membuahkan kemenangan dan kebahagian penduduk setempat.
Menanggapi semua permohonan masyarakat dan diskusi yang berlangsung hangat, Bupati Taput Drs Nikson Nababan memberikan secercah harapan dan semangat bahwa sebutan yang selama ini bagi Torhonas sebagai daerah terisolir akan terhapus. Pemkab sudah melakukan hal luar biasa untuk daerah ini, jalan telah dibuka dengan alat berat. Alat berat kita sudah disini selama hampir tiga bulan, dengan tantangan yang sangat berat dari alam dengan bebatuan yang sangat besar, jalanan sudah dibuka dan sekitar tiga minggu lagi akan tuntas. Tiap hari alat berat kita sudah bekerja disini dan saya tegaskan membuka jalan ini harus tuntas dan interkoneksi antar dusun dan desa akan terbuka.
“Terbuka jalan dan interkoneksi maka pembangunan akan mengalami kemajuan yang pesat. Kekayaan alam dan hasil pertanian masyarakat disini akan laku dan cepat sampai dipasaran, harga akan meningkat dan masyarakat akan sejahterah,” ujar Bupati mengakhiri.
Usai ramah-tamah, diskusi dengan masyarakat, kegembiraan diakhiri dengan bernyanyi dan berjoget bersama dengan masyarakat sebagai luapan kegembiraan dengan masyarakat tanpa memandang status dan perbedaan. Kegembiraan, persaudaraan dan kebersamaan sangat terpancar dengan indah hingga larut malam. Kebersamaan diakhiri dengan salaman dan pelukan dan istirahat dan tidur di rumah-rumah penduduk.
Besoknya, Kamis (09/06) sekitar pukul 09.00 wib usai sarapan bersama dengan masyarakat kembali rombongan melanjutkan perjalanan dengan medan yang lebih berat menuju Dusun Siantar Naipospos. Perjalanan yang sangat berat dan melelahkan. Dari rombongan banyak yang terjatuh, terlempar dari kereta tetapi puji Tuhan tidak ada yang sampai luka berat hanya luka ringan sehingga perjalanan tetap dilanjutkan dengan semangat.
Rombongan tiba di Siantar Naipospos sekitar pukul 11.00 wib, disambut masyarakat dengan ‘boras sipir ni tondi’ kepada seluruh rombongan sebagai ucapan selamat datang dan sehat selalu. Anak-anak bergembira, para orangtua menyambut dengan haru.
“Selamat datang pak Bupati dan rombongan, akhirnya bapak bisa menginjak kampung kami yang sangat tertinggal ini. Semangat bapak luar biasa, terimakasih bapak,” ujar Kepala Desa Siantar Naipospos mengawali.
Selanjutnya acara ramah tamah, permohonan dan diskusi berjalan dengan baik dan diakhiri dengan sajian hiburan dan nyayian dan berjoget bersama dengan masyarakat sebagai uangkapan rasa bangga, bahagia dan senang.
Kunjungan Bupati ini juga disertai dengan pelayanan pengobatan gratis, pelayanan administrasi kependudukan catatan sipil dan juga penyuluhan pertanian serta pemberian berbagai bantuan.
Perjalanan kembali pulang melalui Torhonas kembali dilanjutkan dengan jalan kaki menempuh jalan setapak yang naik turun dan sangat licin melalui sungai yang dalam dan licin. Bupati Taput dengan setia dan semangat bersama rombongan tetap kuat dan tegar walau sangat menguras tenaga dan nyali dan akhirnya tiba kembali di Torhonas dan diberangkatkan dengan minuman dan ubi goreng dari masyarakat untuk kembali ke Tarutung.
Rombongan berangkat dari Torhonas menuju Tarutung dengan menggunakan roda dua sekitar pukul 17.00 wib disertai lambaian tangan terharu dan bahagia dari masyarakat dan rombongan tiba di Tarutung dengan senyuman kemenangan dari beratnya medan dan alam yang harus ditempuh selama 2 jam dan tiba di Tarutung pukul 19.00 wib. Terimakasih pak Nikson…(Humas)

Satu pemikiran pada “Bupati Taput Drs Nikson Nababan Kunjungan Kerja ke Torhonas dan Siantar Naipospos,

  1. nababan

    memang luar biasa bupati tapanuli utara…seandainya seluruh pemimpin daerah yang ada di negeri ini seperti beliau saya yakin negeri ini akan cepat maju..horas…horas..horas

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s