Akses Jalan dari Kota Simangumban ke Muara Tolang Dibuka

9cSimangumban – Saat kunjungan ke daerah terpencil di Kecamatan Simangumban, Bupati Taput KRT Drs Nikson Nababan Kriyonagoro melakukan peninjauan pembukaan akses jalan dari desa Dolok Sanggul ke Muara Tolang Kecamatan Simangumban yang selama ini harus ditempuh melalui Sipirok (Tapsel) dari ibu kota kecamatan, Selasa (7/6).

Dengan menumpang sepeda motor, Bupati Nikson Nababan menyusuri jalan yang pada saat itu masyarakat sedang bergotong- royong. Tiba dilokasi, sebuah alat berat milik Dinas PU sedang bekerja membuka jalan.

“Terima kasih bagi Amang Siregar yang telah memberikan lahannya untuk dijadikan akses jalan. Ini merupakan program Pemkab, bagaimana desa terpencil terkoneksi, bukan hanya membuka tapi kita sekaligus pelebaran agar efektif,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nikson meminta kepada Kadis PU Ir Anggiat Rajagukguk, bila melakukan pelebaran jangan tanggung lebar jalan minimal 10 meter sehingga kendaraan saat berpapasan tidak terlalu sempit.

“Dilebarkan jadi 10 meter, kemudian jangan ada jalan di dekat jurang, bila perlu tebing itu di cutting (potong) namun jangan sampai menimbulkan longsor. Alat berat harus tinggal sampai pekerjaannya selesai dan ketika pulang juga melebarkan jalan yang dilaluinya,” ujarnya.

Elister Siregar pemilik lahan mengatakan demi kepentingan umum, ianya rela menyerahkan untuk akses jalan.

“Saya rela menyerahkan lahan agar warga di Muara Tolang dapat keluar melalui Dolok Sanggul tanpa harus melalui Sipirok seperti selama ini. Kami sangat mengapresiasi pembukaan jalan ini, mudah-mudahan setelah dibuka langsung di aspal,“ pintanya.

Pardomuan Siregar juga mengamini yang dikatakan Elister, sebelumnya jalan ini terus digaungkan untuk dibuka pemerintahan sebelumnya namun di kepemimpinan Bupati Nikson baru terlaksana.

“Dulu sudah dibuka, tapi masih kurang diperhatikan sehingga tetap tidak bisa digunakan. Bila nanti jalan ini dibuka, warga Muara Tolang, Lobu Sihim tidak usah lagi melalui Sipirok bila hendak ke Simangumban. Terima kasih buat Amang Bupati Nikson yang telah memprogramkan pembukaan jalan ini,” katanya.

Kadis PU Anggiat Rajagukguk berujar akses jalan yang dibuka saat ini menghubungkan tiga desa terpencil yakni Dolok Sanggul, Lobu Sihim dan Dolok Saut.

“Ruas jalan yang akan dibuka sekitar 22 Km, dari Dolok Sanggul ke Lobu Sihim 6 km sedangkan dari Lobu Sihim sekitar 16 km. Warga Lobu Sihim bilan ke Simangumban bisa lewat tapi dengan jalan kaki tidak bisa sepeda motor sedangkan warga Muara Tolang harus melalui Sipirok bila hendak ke Ibukota Kecamatan,” terangnya.

Bila jalan ini telah selesai dibuka, mereka tidak perlu lagi melalui Sipirok dan untuk peningkatan jalan secara bertahap akan ditampung anggarannya sehingga arus tranportasi dapat lancar, tandasnya. (*)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s