Pemkab Taput Lakukan Pengobatan Gratis dan Sosialisasi di Desa Lontung Jae II Garoga

dr JanriGaroga – Dalam mengupayakan pelayanan kesehatan sampai ke desa-desa terpencil, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Kesehatan untuk kedua kalinya di kecamatan Garoga melakukan pengobatan gratis sekaligus sosialisasi kepada warga Dusun Sirumambe Desa Lontung Jae II.

Menempuh jalan yang cukup sulit dan harus menggunakan kendaraan roda dua serta sesekali harus turun dari sepeda motor, Kadis Kesehatan dr Janri Nababan serta rombongan Dinas Kesehatan didampingi Kepala UPTD Puskesmas Garoga Dosen Siringoringo, Kamis (2/6) melakukan pengobatan di kompleks SD N 173220 Lontung Jae II Garoga.

Sebelum dimulainya pengobatan gratis, Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi agar warga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit.

Dalam pertemuan itu, didapati masukan dari warga agar di desa mereka ditempatkan seorang bidan.

“Kami mohonkan agar Puskesmas menempatkan seorang tenaga medis di desa kami untuk melayani, karena jarak dari Desa kami ke puskesmas cukup jauh dan terlebih lagi bila hujan kondisi jalanan sangat licin. Bila bidan itu telah ada kami pun bisa berobat tanpa harus ke puskesmas,” kata salah seorang warga bermarga Siregar.

Demikian juga warga meminta agar poskesdes di desanya dbenahi sehingga layak untuk digunakan,

“Selain itu, kami berharap Pemkab Taput untuk menganggarkan perbaikan poskesdes agar dapat digunakan sebagai tempat berobat karena poskesdes yang ada saat ini tidak bisa digunakan lagi,” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat Pangapuli Lubis mengakui kepedulian Bupati Nikson Nababan yang memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan agar turun melakukan pengobatan gratis.

“Pengobatan gratis ini sangat langka dilakukan sebelumnya di desa kami, kami sangat bersyukur atas perhatian yang diberikan Amang Bupati yang peduli akan kesehatan warganya di Desa terpencil,“ katanya.

Dikatakannya lagi, dengan menempuh perjalanan dan medan cukup sulit tidak mengundurkan semangat tim Dinas Kesehatan turun untuk mengobati warga,

“Kami sangat terharu, terima kasih Amang Nababan dan rombongan dengan kedatangannya sudah membuat warga yang akan memeriksakan kesehatannya sembuh,” tandas tokoh yang digelari Pangaljak.

Senada juga dikatakan salah seorang pasien boru Manurung mengidap penyakit lambung mengatakan jika dirinya sangat senang sekali karena adanya pengobatan gratis.

“Saya sangat senang adanya pengobatan gratis ini, karena saya merasa sangat terbantu sekali, terima kasih Amang Bupati dan Kadis karena sudah memperhatikan kami warga di desa terpencil,” katanya.

Terkait adanya permintaan warga seorang tenaga medis dan juga perbaikan poskesdes, Kadis Kesehatan dr Janri Nababan mengatakan berjanji untuk memenuhinya.

“Kami turun melakukan pengobatan gratis atas perpanjangan tangan Bupati Nikson Nababan, dan juga atas permintaannya agar warga untuk peningkatan pelayanan kesehatan yang menjadi visi misi Bupati Drs Nikson Nababan tenaga medis akan diturunkan ke desa ini,” katanya.
Disebutkan Janri, bukan hanya satu orang namun akan dikirim dua tenaga medis dikarenakan kondisi jalan yang sulit, selain itu perbaikan poskesdes akan diprogramkan,

“Agar tidak menganggu pelayanan kesehatan di Desa ini, tenaga media akan dikirimkan dua orang, perbaikan poskesdes serta genset,” katanya.

Dalam kesempatan itu Janri meminta agar warga mengurus kartu tanda penduduk, akte lahir serta kartu keluarga untuk kepentingan kartu BPJS.

“Silahkan Amang mengurus dokumen kependudukan sebagai salah satu syarat mengurus kartu BPJS, karena program Pemkab bagi warga tidak mampu akan ditanggung kesehatan melalui BPJS,” tandasnya.

Pengobatan gratis dan sosialisasi menurunkan dua dokter yakni Kadis Kesehatan Taput dr Janri Nababan MM dan dr Bigkiyanto Manalu, 10 bidan, 8 perawat dan 2 tenaga farmasi tampak juga hadir Uspika Camat Josua Situmeang SSOs, Danramil Kapt Janri Simanjuntak dan Kapolsek AKP Parulian Nababan.

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s