Taput Tuan Rumah Festival Danau Toba 2016

FDTMuara – Untuk menyambut Festival Danau Toba (FDT) yang akan digelar tanggal 9-12 September 2016 mendatang, dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara selaku leading sektor kegiatan sedang melakukan berbagai persiapan.

“Tahun ini Kabupaten Tapanuli Utara ditunjuk jadi tuan rumah Festival Danau Toba 2016 dan kota Muara ditunjuk menjadi pusat kegiatan,“ kata Kadis Pariwisata Taput, Drs Gibson Siregar, Kamis (2/6).

Gibson menjelaskan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan dan sesuai dengan petunjuk Bupati Taput Drs Nikson Nababan agar dermaga Muara di jadikan pusat kegiatan yang nanti akan dibangun pentas dan mensosialisasikan ke warga sekitar baik melalui gereja maupun sekolah.

Gibson juga menambahkan bahwa persiapan telah dikordinasikan ke instansi terkait baik perhubungan untuk lokasi parkir diusulkan empat desa terdekat dengan lokasi sekitar kurang lebih 1 km dengan menampung kendaraan sekitar 500 unit. Selain itu hotel telah di data dan diberikan kepanitia dari Provinsi serta homestay rumah warga bila hotel telah penuh.

“Untuk kesiapannya lebih lanjut minggu depan akan ada rapat dengan Provinsi dan juga diharapkan pihak Kementrian akan ikut karena ada usulan tambahan kegiatan sehingga kita harapkan peranan pihak ketiga yang digandeng Kementrian maupun Provinsi,” tambahnya.

Karena Muara ditunjuk tuan rumah, maka melalui Camat pihaknya telah berkordinasi untuk meminta dukungan warga demi kesuksesan acara itu diantaranya menciptakan, menjaga kebersihan dan keindahan rumah serta lingkungan.

Gibson menghimbau masyarakat agar ternak (terutama babi) jangan berkeliaran serta diminta dikandangkan, memberi sikap sopan, ramah dan senyum serta bersahabat bagi pengunjung, memberikan suasana lingkungan yang tertib, aman dan aman serta memberi bantuan seperlunya apabila diperlukan dan tidak mengambil barang milik orang lain kemudian bila menemukan barang tercecer agar dilaporkan ke pemerintah setempat.

Selanjutnya memberi kesempatan kepada tamu untuk tinggal sementara atau rumah penduduk didata untuk dijadikan homestay, pedagang memberi pelayanan ke konsumen dan tidak menaikkan harga diluar ketentuan, memberi kesempatan parkir kendaraan di tanah warga yang layak dijadikan tempat perparkiran, menginformasikan dan mengundang para perantau untuk memeriahkan pelakasaan FDT serta menghadiri FDT.

“Itulah yang masih dilakukan, dan terkait kegiatan (rundown) acara masih disusun serta akan dikordinasikan ke pihak Provinsi maupun Kementrian. Kita harapkan pelaksanaan FDT tahun ini berbeda dan spektakuler dibanding tahun sebelumnya,” tandas Gibson. (PN)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s