Pemkab Tapteng Usulkan 700 CPNS, “Prioritas Kesehatan dan Pendidikan”

TAPTENG – Tahun ini Pemkab Tapteng melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kembali akan mengajukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam memenuhi kebutuhan Apratur Sipil Negara (ASN) yang dinilai masih terbatas.

Kepala BKD Tapteng Klosse Harahap kepada wartawan, Selasa (31/5) mengatakan, pengajuan CPNS tahun 2016 berjumlah 700 orang dan telah sesuai dengan analisa jabatan (anjab) dan kebutuhan apratur yang sampai saat ini masih mengalami kekurangan.

“Sesuai dengan anjab dan kebutuhan SDM, ASN Pemkab Tapteng lima tahuan ke depan sebenarnya masih butuh 3.361 ASN. Dalam upaya memenuhi kebutuhan itu, Pemkab Tapteng mengajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aperatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebanyak 700 orang,” ujar Klosse.

Dikatakan, menyangkut realisasi dari jumlah yang diajukan merupakan kewenangan penuh Kemenpan-RB. Klosse berharap jumlah yang akan diajukan tidak jauh berbeda dari hasil realisasi.

“Semua syarat pengajuan telah kita penuhi. Berapa nantinya yang terealisasi dari jumlah yang kita ajukan itu sepenuhnya tanggung jawab dari kementerian. Harapan kita, tidak jauh dari yang diajukan,” kata Klosse.

Dari jumlah yang diajukan, nantinya akan menempati formasi pada pendidikan, tenaga kesehatan, teknis umum dan lain sebagainya. Dikatakan, formasi prioritas masih pada kesehatan dan pendidikan.“Formasi jabatan, tetap paling banyak itu tenaga pendidik dan kesehatan. Perbadingannya bisa sampai 60 persen dari total yang terealisasi. Selebihnya teknis umum untuk semua instansi yang ada,” tandasnya.

Siap-siap, Tes Dipercepat
Pelamar CPNS harus segera bersiap. Rekrutmen pegawai tahun ini, bakal dipercepat. Tes bakal digelar Agustus. Otomatis, pendaftaran menyesuaikan. Bisa saja digelar Juli, sesudah lebaran.

Informasi ini diperoleh berdasarkan rencana pemerintah yang akan memberlakukan aturan baru terkait CPNS mulai tahun ini. Nomor Induk Pegawai (NIP) akan disamakan dengan tahun pengangkatan CPNS-nya. Sebelumnya diketahui, CPNS mengantongi NIP di tahun yang berbeda.

“Iya jadi, kalau CPNS-nya diangkat 2016, NIP-nya diterbitkan tahun 2016 juga.ý Kalau biasanya kan NIP ditetapkan awal 2016, bila pengangkatannya 2015,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada JPNN (Grup New Tapanuli), Senin (30/5).
Agar NIP bisa ditetapkan di tahun yang sama, Bima Haria berharap rekrutmen CPNS-nya dilakukan ýpada Agustus. Dengan demikian BKN punya waktu empat bulan memproses penetapan NIP CPNS.

“Kalau rekrutmennya di akhir tahun sekitar Oktober malah susah. Yang pas itu ya Agustus. Kami sudah memberikan masukan kepada MenPAN-RB juga, agar rekrutmen dan tes dilakukan Agustus,” tandasnya.

Atas usulan BKN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) belum memberikan tanggapan. Namun, kemungkinan berubah sangat besar. Meski sebelumnya, Menpan Yuddy Chrisnandi menyebut pendaftaran akan dibuka mulai Agustus dan pelaksanaan tes dilakukan antara September dan Oktober.

Di sisi lain, dimajukan atau tidak, para pelamar harus menyiapkan diri dengan serius. “Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada yang tanpa tes,” tegas Yuddy.

Dia menegaskan, rekrutmen CPNS tahun ini akan lebih ketat karena yang direkrut orang-orang dibutuhkan. Semuanya baik formasi khusus maupun umum tetap melalui CAT. “Hanya untuk pelamar khusus, tes CAT tujuannya perangkingan. Sedangkan untuk formasi umum, tujuannya mencari yang terbaik,” ujarnya. (ab/jpnn)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s