Petani Desa Parbaju Toruan, Butuh Jalan Baru

Tarutung – Ratusan hektare lahan pertanian di Silangkalangkaon, Desa Parbaju Toruan, Kecamatan Tarutung, terbengkalai. Para petani terpaksa membiarkan lahan tersebut ‘tidur’ karena tidak ada akses jalan menuju lokasi.

Op Sinta Lumbantobing (73) mengungkapkan, sekitar 20 tahun lalu, hasil pertanian persawahan dari Silangkalangkaon begitu baik. Tanahnya begitu subur, bahkan perairan lancar.

“Tapi yang menjadi permasalahan karena askes jalan sangat memprihatinkan. Akibatnya, para petani kesulitan untuk membawa hasil panen. Kalau berjalan kaki, membutuhkan waktu minimal 2 jam. Belum lagi beban mengangkat hasil panen yang sangat berat,” ujarnya.Menurutnya, jalan menuju lahan tersebut seperti ‘jalan tikus’. Harus melintasi jalan yang berbukit-bukit. Karena kewalahan, petani pun membiarkan lahan tersebut tidak diolah lagi.

“Sebenarnya kami sangat berat jika membiarkan lahan itu tidak digarap. Namun apa boleh buat, akses jalan ke lokasi sangat memperihatinkan. Kami hanya berharap agar Pemkab Taput segera membuka jalan. Sehingga warga dapat mengolah lahan itu kembali,” sebutnya.

Senada disampaikan Kepala Desa Parbaju Toruan Tohom Hutabarat. Dia mengaku jika ratusan hektare lahan di Silangkalangkaon sudah tidak diolah lagi. Pasalnya, hasil panen tanaman padi dan kopi harus dipundak. Itupun harus jalan kaki sepanjang 2 kilometer. “Kita juga ada lahan dua hektare di sana, tapi akibat askes jalan tidak bagus dan berbukit, lahan tersebut ditinggalkan. Waktu itu hasil panen padi kita dari sana, mau seminggu harus dilangsir dari sana,” ungjapnya.

Menurut Tohom, maunya pemerintah melalui dinas terkait memberikan perhatian dan membuka jalan pertanian ke sana. Kalau tidak bisa roda empat, minimal roda dua. Karena sesuai visi misi Bupati Taput Drs Nikson Nababan ‘Taput menjadi lumpung pangan’. “Kami masyarakat Parbaju Toruan siap mendukung program pemerintah. Apalagi ada sekarang program dua kali tanam padi dalam setahun,” sebutnya.(tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s