Ketua Dekranasda Taput Diundang ke Korea

Foto Istimewa Ketua Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora ketika berada di Kedutaan Besar Republik Indonesia Korea di Young Deungpuku Seoul.
Ketua Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora SE ketika berada di Kedutaan Besar Republik Indonesia Korea di Young Deungpuku Seoul.

Tarutung – Sukses menampilkan Ulos di Asian Model Festival 2016 di Suwon, Korea, beberapa hari lalu, Ketua Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora SE beserta tim diundang Kedutaan Besar Republik Indonesia Korea di Young Deungpuku Seoul, Korea, Rabu (25/5).

Ketua Dekranasda tiba di KBRI pada pukul 10.00 waktu Korea langsung disambut Duta Besar LB & BP John A Prasetio didampingi Minister/Deputy Chief Of Mission Cecep Herawan, Minister Counsellor Tudiono dan Counsellor Media, Social and Cultural Affairs Fuad Adriansyah. Dalam pertemuan tersebut, Satika menjelaskan pemakaian Ulos yang selama ini hanya dipakai untuk acara-acara adat di suku Batak dan agak monoton sehingga kebutuhan Ulos itu boleh dikatakan rendah yang mengakibatkan para penenun akhirnya malas dan tidak bersemangat.

Sehingga dia berharap pihak kedutaan bisa memberkan informasi dan ikut berperan mengikutkan Tapanuli Utara apabila nanti ada even-even Kebudayaan di Korea dan dapat bekerjasama untuk membangun budaya dan kearifan lokal. Satika juga menambahkan, dengan di desainnya ulos menjadi pakaian dan cenderamata akan menambah peminat akan tenunan Ulos. “Kedatangan saya ke sini bukan pribadi, tetapi membawa ratusan bahkan ribuan masyarakat Tapanuli Utara. Saya ingin jerih payah penenun Ulos dihargai dunia internasional,” katanya.

Menurut Satika, penenun Ulos di Tapanuli Utara sekarang ada sekitar 6.000 penenun, jadi dia berharap para penenun mendapat perhatian dan hasil karya mereka dihargai dunia internasional. Pada kesempatan itu, Satika mengharapkan agar Ulos bisa diperkenalkan dengan pengusaha-pengusaha Korea di bidang tekstil demi pemasaran yang lebih luas lagi dan juga kepada sponsor yang mau bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara, seperti LG dan Samsung.

Duta Besar John A Prasetio yang juga pendiri dan Chairman CBA Consulting mengapresiasi Dekranasda Taput yang tampil di Asian Model Festival 2016, dimana ikut berperan memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia kepada negara-negara yang ada di Asia. Mereka akan tetap berusaha memberikan informasi dan akan menjajaki supaya busana dari bahan Ulos ini bisa berkembang di Korea. John juga mengatakan, untuk membuat kain Ulos menjadi pakaian yang ready to wear adalah hal yang sulit. “Kita harus berani menabrak aturan atau mungkin larangan tentang itu. Akan tetapi jika kita tidak berkreasi, maka kain itu hanya diminati beberapa orang saja,” katanya.

John menambahkan, dulu kain batik juga hanya dipakai untuk acara resmi adat. Akan tetapi, sekarang sudah banyak yang didesain menjadi pakaian dan cenderamata. Hal ini yang membuat batik cepat dikenal dunia internasional. “Kita harus mampu mengikuti selera pasar di sini, supaya busana berbahan Ulos ini eksis dan gampang dipasarkan dan tetap menunjukkan ciri khas negara kita,” katanya.

Minister/Deputy Chief Of Mission KBRI Korea Cecep Herawan mengatakan, Korea adalah tempatnya fashion dan salah satu yang menopang perekonomian mereka adalah fashion. “Ulos itu dibuat agar diminati level atas dan itu butuh upaya khusus. Kalau tidak bisa mungkin kita akan terbuang dari pasar,” katanya.

Cecep juga mengatakan perlu memberikan penjelasan mengenai sejarah dan nilai yang terkandung dalam Ulos itu. Hal itu menurut dia punya pengaruh juga akan membantu penjualannya nantinya. (tul/ara)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s