Banyak Pungli di Jalinsum Tarutung-Pahae

1Pahaejulu – Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera) Tarutung-Pahae, tepatnya di samping Kantor Camat Onan Hasang dan Kantor Polsek Pahae Julu bebas rawan aktivitas pungutan liar (pungli).

Kegiatan itu diduga dilakukan oleh sekelompok pemuda di lokasi jalan yang rusak sepanjang 50 meter. Sehingga setiap kendaraan yang melintas terpaksa hati-hati dan mengurangi kecepatan agar tidak terperosok di jalan yang berlubang tersebut.

Kesempatan itupun dimanfaatkan sejumlah pemuda untuk meminta uang dari setiap kendaraan. Jika tidak diberikan, pemuda yang tidak jelas diketahui identitasnya itu meneriaki para pengendara mobil dengan cakap kotor.

Pemuda itu memaksa uang dari para supir apalagi yang melintas truk besar dan sejenisnya yang mengangkut bahan-bahan material PLTP Sarulla (Gheotermal) Pahae, Kabupaten Taput. Sejumlah supir bermarga Sitompul, Harianja dan Sianturi meminta aparat Polres Taput untuk segera mengamankan sekelompok pemuda yang melakukan pungli tersebut.

”Kami sangat resah atas ulah sekelompok pemuda itu. Mereka setiap hari meminta uang keamanan,. Mereka menyebut jika melintas dari kawasan itu harus ada uang keamanan. Setiap hari ratusan truk dan mobil pribadi melintas dari lokasi pungli yang persisnya di depan Kantor Camat dan Polsek Pahae Julu itu. Kami minta agar Pak Kapolres segera menangkap mereka,” ujar Sitompul.

Ketika wartawan, mengkonfirmasi Camat Pahae Julu Hudson Jones Siagian, Senin (30/5) mengatakan, para pemuda yang meminta-minta di lokasi tersebut tidak ada meminta izin ke kantor camat. “Para pemuda itu melakukan aksinya tanpa sepengetahuan kita. Kita akan menegur para pemuda dan akan menindaknya,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Taput AKBP Dudus HD melalui Kasubag Humas Aiptu Walpon Baringbing berterima kasih atas informasi tersebut. “Terima kasih Pak wartawan. Kita akan akan koordinasi dengan Camat Pahae Julu dan Kapolsek Pahae Julu supaya pungli yang ada di Jalinsum tersebut segera ditertibkan. Karena pemuda setempat tidak ada izinnya melakukan kegiatan itu. Jika masih ada akan segera ditindak. Apalagi sekarang menjelang Ramadan banyak pendatang melintas dari jalan tersebut,” tegas Baringbing. (as)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s