Hanpang Taput Ciptakan Pelet Sendiri

1aTarutung – Badan Ketahanan Pangan (Hanpang) Taput kini sudah bisa menciptakan pelet sendiri. Bahkan, kelompok tani dari Tebing Tinggi sudah datang untuk studi banding ke Taput demi mengetahui bagaimana cara pembuatan pelet untuk pakan ternak.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Sopiyan Simanjuntak mengungkapkan, pihaknya sudah bisa menciptakan pelet sendiri. Pakan pelet yang diciptakan tersebut bisa untuk ternak peliharaan masyarakat, seperti ayam, itik, babi dan ikan tawar. “Beberapa dari berbagai daerah sudah datang studi banding ke Badan Hanpang Taput, diantaranya Tebing Tinggi,” ujarnya.

Pihaknya sudah melakukan demonstrasi cara pembuatan pelet tersebut di lima kecamatan di Taput. Masyarakat pun menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kita sudah buat pakan pelet di Garoga dan kecamatan lainnya. Mereka sangat menyambutnya dengan baik dan ingin belajar,” ungkap Sopiyan.
Ia mengimbau agar pegawainya juga siap membantu para kelompok tani yang mau belajar cara membuat pelet tersebut. “Kegiatan tersebut mendorong program pemintah untuk menjadikan Taput lumbung pangan. Setelah kita menemukan cara membuat pelet, masyarakat tidak ada lagi membeli pelet dari luar,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa kelompok tani yang mengikuti demontrasi cara pembuatan pelet sangat menyambut baik. Mereka ingin diajari cara membuatnya. Karena selama ini belum ada pihak manapun yang mengajari pembuatan pakan tersebut.

“Kita sangat berterima kasih kepada Bupati Taput Nikson Nababan juga Pak Sopiyan Simanjuntak. Semoga pembuatan pelet tersebut bisa dikembangkan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, pakan pelet merupakan pakan utama dalam budidaya pembesaran, karena biaya yang cukup tinggi pelet biasa diganti dengan pakan alternatif lain. u, pakan lele dari limbah pasar, pakan alami lele dari kotoran sapi, dan pakan alami. tetapi pakan alami lebih difokuskan misalnya pakan larva lele, ataupun jenis lainnya.

Untuk Budidaya intensif sering kali penggunaan pakan pelet menjadi makanan utama sehingga tidak heran jika sampai 100 persen makanannya adalah pelet. Tetapi pelet memiliki harga yang sangat tinggi, menjadikan biaya yang dikeluarkan akan sangat banyak. Biaya yang cukup tinggi akan berdampak pada keuntungan pemilik budidaya.

Untuk Mengatasi biaya pakan pelet berikut cara membuat pelet buatan untuk budidaya ikan. Bahan baku pelet buatan, yakni bahan pelet alami yang merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral. Pelet dibuat dan diramu dari berbagai bahan baku. Syarat pelet buatan adalah sebagai berikut, mengandung nilai gizi yang tinggi, mudah diolah tidak mengandung racun, harga yang murah atau terjangkau. Mudah diperoleh baik dari segi waktu maupun jumlah, bukan makanan pokok manusia, butirannya halus atau bisa dihaluskan.

Bahan Baku utama yang mempunyai kadar protein tinggi antara lain dedak, keong mas ikan asin bs super, daun pepaya, vitamin, konsentrat, ragi tempe.(tul/int)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s