Rekrutmen CPNS 2017 Diumumkan Agustus

JAKARTA– Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menyatakan pengumuman rekrutmen terbuka untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun depan akan dilakukan pada Agustus 2016.

Dia mengatakan, pembukaan rekrutmen untuk PNS nanti akan diutamakan akan menerima lulusan terbaik dari perguruan tinggi ternama. “Ya supaya mendapatkan lulusan yang bagus, yang jalur formasi khusus, misal yang cum laude. Tapi tahun ini belum diputuskan. Kalaupun nanti ada, open recruitment akan dilakukan prosesnya pada Agustus,” kata Yuddy di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (25/4).

Dia menuturkan, untuk tahun ini masih ada penerimaan PNS, tapi khusus melalui jalur sekolah kedinasan. Kementerian PANRB mengestimasi, penambahan CPNS baru pada tahun ini hanya sekitar 11.000 dari kedinasan ditambah tenaga kesehatan 45.000 orang.

Dari 11.000 pegawai itu, paling besar adalah pegawai Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan yang diambil dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yakni sekitar 5.000 orang.

Sementara, ada 42.000 orang perawat yang masih menyandang status pegawai tidak tetap (PTT), 2.000 dokter dan 200 dokter gigi yang juga diangkat menjadi PNS.

Adapun, untuk tenaga pendidikan, pihaknya telah meminta kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan inventerisasi kebutuhan guru di daerah terpencil, terdepan pedalaman dan perbatasan.“Program guru garis depan sudah diusulkan oleh Pak Mendikbud , itu sekitar 3.000 guru garis depan, sarjana yang ditempatkan di garis depan,” katanya.

Kemenperi Buka 1.000 Lowongan
Kementerian Perindustrian mengajukan penerimaan untuk 1.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru untuk mengisi kekosongan akibat moratorium penerimaan pegawai.

“Kami sudah mengusulkan untuk bisa menerima lagi, walaupun di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi belum tahu kapan ada penerimaan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Syarif Hidayat, di Jakarta, Rabu (25/5).

Menurut dia, beberapa posisi yang mendesak dibutuhkan adalah administrasi, instruktur, auditor dan tenaga arsip. Belakangan Kementerian Perindustrian lebih banyak merekrut tenaga yang memiliki keahlian spesifik, sehingga tenaga administrasinya sangat sedikit.

“Kalau administrasi pendidikannya diploma 2 dan 3, karena mengurusi pengarsipan, jadi tidak perlu sarjana. Tapi, pengarsipan juga penting, karena ke depan akan diaudit juga. Kami butuh banyak tenaga arsip,” katanya.

Mereka juga perlu peneliti karena banyak yang memasuki usia pensiun. “Kalau tidak ada penerimaan lagi, maka dalam waktu tiga tahun, kami akan sulit untuk bekerja, karena mereka banyak yang pensiun,” ujarnya. (int)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s