Bupati Taput kunjungi Dusun Terpencil Purba Sinomba

1Siborongborong – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan didampingi Kabag Sumda Polres Tapanuli Utara T. Pasaribu Asisten II Drs Parsaoran Hutagalung, Kadis PUK Ir Anggiat Rajagukguk, Kabag Tapem Drs Satya Dharma Nababan dan beberapa Pimpinan Instansi terkait turun ke Dusun Purba Sinomba Desa Pohan Jae meninjau secara langsung kondisi jalanan yang sudah hancur dan longsor, kondisi sekolah yang sudah tidak memadai dan juga kondisi pertanian masyarakat, Jumat (20/05).

Ingin melihat langsung apa yang dialami dan dirasakan masyarakat ketika melalui jalan rusak dengan kondisi kanan kiri raus jalan adalah jurang yang sangat dalam, Bupati Taput menggunakan kendaraan roda 2 (dua) menuju Dusun Purba Sinomba Desa Pohan Jae dengan mengendarai sendiri. Sepanjang jalan menuju Dusun Purba Sinomba, Bupati Taput dan rombongan berhenti beberapa kali melihat kondisi jalan yang sangat membahayakan sekaligus berbincang dengan Kepala Desa setempat dan instansi terkait mencari solusi terbaik pembangunan jalan tersebut. “Dengan kondisi jurang kanan kiri yang sangat dalam, pembangunan jalan ini akan menelan biaya yang sangat banyak dan jangka waktu yang lama karena jurang ini harus diatasi dengan tiang pancang, itu pun akan sangat sulit pengerjaannya. Kita akan cari solusi terbaik untuk mengatasi ini, apakah akan dibuat jembatan untuk ini atau jalan ini kita perbaiki bertahap,” ujar Bupati di sela-sela perjalanan saat berbincang dengan masyarakat.
Rombongan kembali melanjutkan perjalanan dan berhenti di sisi jalan yang memperihatinkan dan membahayakan bagi masyarakat, hingga akhirnya sampai di lokasi pertemuan, halaman sekolah SD 177928 Purba Sinomba Desa Pohan Jae. Bupati dan rombongan disambut dengan lagu dan tortor Batak dari anak PAUD sampai SMP. Mereka bangga akan kehadiran Bupati Taput hingga ke dusun mereka. “Saya bangga hadir di tengah-tengah masyarakat Purba Sinomba karena antusias melakukan kegiatan gotong-royong beberapa hari ini dan saya berharap beberapa hari ke depan juga akan dilanjutkan dalam membersihkan sisi-sisi jalan dan membantu pembangunan jalan ini nantinya. Saya senang melihhat semangatnya, baik orangtua maupun masyarakat,” ujar Bupati menambahkan.
Beberapa tokoh masyarakat menyampaikan beberapa permohonan dan permintaan untuk pembangunan, baik jalan, pembangunan kamar mandi sekolah maupun pembangunan gedung sekolah PAUD. Bupati langsung menyambut baik dan akan segera merealisasikan permintaan masyarakat. “Sekolah-sekolah akan kita benahi bertahap karena di tahun 2017 pembangunan sektor pendidikan menjadi prioritas kita,” ujar Bupati mengakhiri. Selanjutnya Bupati juga membantu secara langsung dana pembangunan atap gedung PAUD yang hanya terbuat dari plastik agar diganti dengan atap seng sebesar Rp10 juta dan diterima guru PAUD dengan sangat terharu dan dengan airmata berlinang. “Kami tidak menyangka bapak Bupati menanggapi secara langsung dan langsung memberikan uang pribadinya. Terimakasih pak, karena Bapak juga menganggap anak-anak didik kami ini seperti anak sendiri,” ujar Guru PAUD mengakhiri.
Dalam kunjungan ini, instansi terkait juga sekaligus memberikan pelayanan mulai dari pengobatan gratis oleh Dinas Kesehatan, pelayanan urusan surat-surat oleh Dinas Catatan Sipil, pelayanan KB oleh Badan KB dan PKS, pelatihan pembuatan pupuk organik oleh Badan Penyuluh Pertanian yang dipraktekkan langsung oleh penyuluh disaksikan masyarakat dan Bupati Taput serta instansi terkait. Di samping itu sekaligus penyerahan bantuan secara simbolis berupa alat-alat olahraga bagi sekolah dan Karang Taruna dari Dinas Pemuda & Olahraga, penyerahan hand traktor dari Dinas Pertanian dan bibit pohon berbuah dari Dinas Kehutanan dan diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Bupati Taput, Kabag Sumda Polres Taput dan Asisten II. Usai pertemuan tersebut, Bupati Taput melanjutkan perjalanan kembali diberangkatkan masyarakat Purba Sinomba ke Dusun Situri-turi untuk berkunjung dan berbincang dengan masyarakat dalam rangka pembukaan jalan ringroad dari Siborongborong. Masih adanya masyarakat yang belum memahami betul sehingga sulit melepaskan tanahnya dalam pembukaan jalan, diberi pemahaman oleh Bupati Taput dan akhirnya bersedia dan menyambut pembukaan jalan tersebut dengan gembira. (Humas)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s