Pembunuhan Dua Petugas Pajak Direkonstruksi

PajakGunungsitoli – Polres Nias menggelar rekonstruksi pembunuhan dua petugas pajak yang dibunuh pada tanggal 12 April 2016 lalu, yakni bernama Parada Toga Fransriano Siahaan dan Sozanolo Lase, belum lama ini sekitar pukul 10.00 Wib.

Rekonstruksi digelar langsung di Tempat Kejadian Perkara (TKP), yakni rumah dan gudang penyimpanan getah karet milik tersangka AL (45) alias Ama Teti Lahagu, Jalan Yos Sudarso (arah menuju Kabupaten Nias Utara) Kota Gunungsitoli.

PS Paur Humas Polres Nias, Aiptu O. Daeli, saat ditemui Analisa mengatakan tidak ada petunjuk baru yang ditemukan dan kegiatan rekonstruksi tersebut hanya sekadar untuk menguatkan saja.

Ia mengatakan Ama Teti beserta empat tersangka lainnya, yakni AZ alias Ana, DL alias Dedi, MG alias Rama, BL alias Ama Yusu, proaktif memperagakan 70 adegan rekonstruksi.

Selanjutnya, O. Daeli menuturkan dari pelaksanaan rekonstruksi tersebut diketahui, bentuk keterlibatan empat orang anggota Ama Teti adalah berupa pemukulan terhadap Sozanolo Lase. Saat ditikami Ama Teti, Sozanolo berteriak, sehingga empat tersangka lainnya, yang merupakan karyawan di gudang penyimpanan getah karet milik Ama Teti, spontan berlari menuju pondok dan membantu Ama Teti menghabisi nyawa Sozanolo dengan memu­kulinya. Sedangkan untuk pembunuhan Parada Siahaan hanya dilakukan Ama Teti seorang diri.

Usai membunuh, Ama Teti kemudian mendatangi karyawan-karyawannya dan mengatakan dirinyalah yang bertanggungjawab atas kematian kedua petugas pajak tersebut.

“Kalian tenang saja, saya yang bertanggungjawab. Sekarang saya mau ke Polres untuk menyerahkan diri,” ujar Ama Teti yang ditirukan O. Daeli.

Lebih lanjut O. Daeli mengatakan tidak ada bantahan dari pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Gunungsitoli dan pihak Penasehat Hukum para tersangka terkait pelaksanaan rekonstruksi tersebut. Pelaksanaan rekonstruksi berlangsung dengan aman dan lancar, karena dijaga ketat oleh puluhan perso­nel Polres Nias dan beberapa personil Kodim 0213/Nias.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kasat Reskrim Polres Nias, AKP Selamat K. Harefa SPd MH, Wakapolres Nias Kompol Darwin Daulay, Kabag Ops Kompol Delami Saleh, Kaur Bin Ops Sat Reskrim Iptu Freddy Siagian, Kanit I Sat Reskim Ipda Enand Daulay, Kasi Pidum Kejari Gunungsitoli, Rifqi Leksono SH, beserta para JPU, Penasehat Hukum Ama Teti, Dingin Pakpahan SH. (lase)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s