Badan Otorita Harus Utamakan Kepentingan Masyarakat

otoritaTarutung – Sekretaris Komisi B DPRD Sumut, Aripay Tambunan me­negaskan, rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba ke depan harus mengutamakan dan mengedepankan kepentingan masyarakat sekitar.

“Tidak ada artinya Otorita dibawa ke Danau Toba, kalau kepentingan masyarakat sekitar tidak terjawab,” tandasnya pada seminar hasil penelitian yang berjudul “Peluang Pertumbahan Ekonomi Masyarakat di Kawasan Danau Toba Atas Rencana Pembentukan Badan Otorita Danau Toba”di Aula Kampus Unita Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), baru-baru ini.

Aripay mengatakan, rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba memang sudah merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk mengembangkan kawasan Danau Toba di 7 Kabupaten.

Namun perlu diingat, agar program ini bisa berjalan secara maksimal ke depan, sesungguhnya harus bisa memberikan manfaat dan menjawab apa yang menjadi kepentingan masyarakat di sekitar kawasan danau toba.

“Contohnya menyangkut tenaga kerja, tentu ke depan harus mengutamakan tenaga kerja lokal, dan kita yang ada di “ujarnya.

Dengan demikian, Aripay menambahkan, nantinya rencana pembentukan program badan otorita Danau Toba ke depan akan bisa berjalan dengan baik dan masyarakat merasa berkepentingan mendukung program itu.

“Kebijakan ini memang harus disambut dengan baik, karena kita melihat selama ini Danau Toba sudah mulai tenggelam akibat minimnya wisatawan,”ucapnya.

Direktur Pusat Study Ekonomi Masyarakat (PUSERA) Sumut, Dr RE Nainggolan MM menyampaikan, berdasarkan hasil penelitian, masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba memberi sambutan yang positif dan antuasias terhadap rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba.

Hanya saja, masyarakat berharap Badan Otorita Danau Toba kedepan harus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berusaha untuk meningkatkan ekomi dan meningkatkan infrastruktur. Selain itu, otorita juga di­harapkan agar tetap melestarikan lingkungan alam.

“Jadi ada timbal balik, pada satu sisi masyarakat mendukung, namun disi lain lain masyarakat berharap, agar badan otorita nantinya bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berusaha, meningkatkan ekonomi, dan melestarikan,”ucapnya.

RE Nainggolan mengatakan, sebelumnya Pusera Sumut bekerjasama dengan Unita Siborongborong melakukan penelitian terhadap masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba atas rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba.

Menurutnya, penelitian ini merupakan tindaklanjut dari saran Menkopolhukam, Luhut Panjaitan saat pertemuan lima menteri di IT Del Laguboti beberapa waktu lalu, yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba.

“Saat itu, Menkopolhukam meminta agar perguruan tinggi dan lembaga masyarakat dapat melakukan penelitian untuk mencari tahu bagaimana tanggapan masyarakat terhadap rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba,”imbuhnya dan mengatakan hasil penelitian merupakan cerminan opini yang berkembang di tengah masyarakat atas rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s