SKPD Taput Jalani Tes Urine

KSPD Test Urine
SKPD Test Urine

Tarutung Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengikuti tes urine di ruangan Laboratorium RSUD Tarutung Jalan  Agus Salim, Tarutung, Rabu (27/4). Pantauan wartawan, puluhan SKPD terdiri dari eselon II dan III turut hadir untuk mengikuti tes urine narkoba di ruangan Laboratorium RSUD Tarutung, baik itu laki-laki dan perempuan.

”Kegiatan ini sangat disikapi dengan positif. Apalagi dengan kondisi sekarang yang sering didapat informasi bahwa pejabat pemerintah banyak terindikasi narkoba. Tes urine ini sebagai contoh bagi masyarakat dan sangat kita harapkan serta mendukung, supaya pejabat benar-benar untuk terdepan sebagai dalam hal pemeberantasan narkoba ini,” kata Kadisdikbud Taput Jamel Panjaitan kepada wartawan di sela-sela tes urine di RSUD Tarutung.

Jamel mengungkapkan, secara pribadi ia mengira jika kegiatan itu sangat positif agar nantinya ini sebagai shock terapy bagi para pejabat-pejabat. Supaya tidak ada lagi bermain api dengan narkoba. Sebab, narkoba adalah musuh yang sangat besar dari Negara Republik Indonesia, khususnya masyarakat.

Sementara bagian Patologi Klinik, dr Edy Shah Raskita menjelaskan, tes urine dilakukan dari empat macam, seperti tes untuk ganja, sabu-sabu, ineks dan ekstasi. Itulah yang diperiksa untuk para pasien.

”Kita menyuruh dulu pasien buang air kecil dan diawasi untuk mengambil sampel di kamar mandi yang kita kosongkan airnya. Baru kita tandai nomornya supaya tidak ada kesalahan dan itulah yang kita periksa,” ujar dr Edy.

Dia menyebutkan, beberap tes urine air seni diteteskan ke alat yang sudah disediakan baru terserat ada hasilnya. Kalau pasien positif ada tanda dengan garis. Kemudian kalau dia negatif ada tanda garis kontrol negatif, kalau garisnya ada dua itu berarti negatif.Sementara itu, Direktur RSUD Tarutung dr Ganda Nainggolan saat diminta komentarnya mengatakan, tes urine sudah dilaksanakan yang dikhususkan untuk peserta outbond yang berjumlah 66 orang terdiri dari eselon II dan III.

”Akan tetapi, kenapa saat ini tidak banyak hadir dikarenakan ada kunjungan Bupati ke Desa Hutaraja yang tertimpa bencana alam angin puting beliung, kemarin. Dan akan berangkat juga ke Simardangiang, Kecamatan Pahae. Namun tes ini dilakukan sampai malam. Tes ini juga akan berlanjut untuk semua eselon III dan rencana kalau ada dana. Semua PNS maunya kita periksa,” ujar Nainggolan.

Terpisah, Bupati Drs Nikson Nababan dikomfirmasi, Rabu (27/4) terkait sanksi PNS yang telibat narkoba melalui telepon selulernya mengatakan, jika ada PNS yang terlibat narkoba akan kita kasih tindakan sesuai undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan tegas. (as)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s