Bupati Humbahas dan ASN Tes Urine, Jika Positif akan Dicopot

Doloksanggul – Selasa (19/4) Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor dan seluruh pejabat eselon II dan III di daerah itu akan melakukan tes urine guna memastikan pejabatnya bersih dari penggunaan narkoba. Jika ada aparatur sipil negara (ASN) yang positif menggunakan narkotika, maka akan dicopot dari jabatannya.

“Tes urine ini dilakukan untuk memastikan apakah pejabat kita bebas dari konsumsi narkoba. Tes urine ini akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul,” ujar Sekretaris Daerah Humbahas Saul Situmorang, Senin (18/4) di Doloksanggul.

Untuk tes urine itu pihaknya memanfaatkan para tenaga dokter spesialis di RSUD Doloksanggul untuk melaksanakan kegiatan tersebut. “Kita tidak mendatangkan tenaga dokter dari BNN (Badan Narkotika Nasional). Kita masih memiliki fasilitas dan tenaga dokter yang cukup untuk melaksanakan tes urine itu,” sebutnya.

Jika ada diantara pejabat eselon II dan III tersebut nantinya terdeteksi positif menggunakan narkoba, maka sanksi tegas akan dikenakan. “Kalau besok ada yang positif mengonsumsi narkoba, siapapun pejabatnya akan dicopot jabatannya. Kemudian, sanksi rehabilitasi dan sanksi sesuai dengan peraturan yang terkait dengan ASN,” paparnya.

Saul mengatakan, tes urine dilakukan bukan berarti karena adanya PNS yang terindikasi mengonsumsi narkoba. “Hanya mengantisipasi saja. Lebih baik mencegah dengan tes urine paling tidak memastikan para pegawai Humbahas tidak ada yang mengonsumsi narkoba,” tandasnya.
Namun bila nantinya ada yang terbukti mengonsumsi saat melakukan tes urine, sudah ada peraturannya dan akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku. Ia akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwenang.

“Itu nanti tergantung nilai bobot kesalahan, ada ringan, sedang dan berat, bahkan sampai pemecatan. Tapi harapan kami tidak ada,” pungaksnya.
Sebelumnya, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan, ia akan sangat tegas untuk turut serta memberantas peredaran narkoba di daerah itu. “Narkoba ini sudah sangat berbahaya. Narkoba tidak memandang status dan usia sebagai korban. Ini harus kita berantas bersama,” tandas Dosmar.

Untuk itu, ia mengingatkan agar seluruh ASN di Pemkab Humbahas agar tidak terlibat dalam narkoba. ”Untuk seluruh ASN di Pemkab Humbahas, siapapun yang terlibat narkoba akan kita tindak tegas. Tidak ada kompromi untuk itu,” tegasnya.(bl)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s