Bupati Taput Sidak Pelayanan Dinas Catpil Kepada Masyarakat

humas1Tarutung – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke Dinas Catatan Sipil mengenai pelayanan pengurusan surat-surat untuk masyarakat dengan secara langsung menyaksikan proses dan tahapan bagi pengurusan KTP, KK dan Akte Kawin dan menelusuri apa kendala yang dihadapi sehingga dapat terselesaikan dalam satu hari, Selasa (19/4).

“Saya mau masyarakat yang mengurus KTP langsung siap dalam satu hari, untuk itu perlu adanya upaya mengatasi kendala-kendala apa yang dihadapi sehingga ini tidak bisa dicapai, apalagi bagi yang jauh tempat tinggalnya hal ini sudah menyusahkan penduduk. Untuk itu, saya menegaskan bahwa operator-operator yang bekerja di Catatan Sipil memberikan pelayanan ini. Buat pengumuman bahwa bagi masyarakat yang ingin KTPnya selesai satu hari harus masuk berkasnya mulai jam 8.00-12.00 wib sehingga bisa diselesaikan hari itu juga. Tetapi apabila masuk berkasnya sudah diatas jam 12.00 wib, maka KTP tersebut harus diselesaikan besoknya. Jadi berikan pelayanan yang terbaik, buat secepat dan sesingkat mungkin sehingga masyarakat tidak harus bolak-balik ke Dinas Catatan Sipil hanya untuk mengurus KTP,” ujar Bupati mengawali.
Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa dalam pengurusan Akte Kawin, pihak Dinas Catpil harus bekerjasama dengan Kepala Desa sehingga lebih mudah mengetahui status perkawinan sebagai salah satu berkas membuat akte kawin. “Jangan pernah ada operator yang mempersulit pengurusan surat-surat di Catpil, tetapi tolong dibantu secepat mungkin, pikirkan bagaimana susahnya mereka harus bolak-balik ke Dinas Catpil apalagi dengan tempat tinggal dengan jarak tempuh yang jauh dan sulit,” ujar Bupati menambahkan.
Dalam kesempatan itu, Bupati Taput melakukan dialog langsung dengan masyarakat yang sedang antri melakukan pengurusan surat menyurat di Kantor Catpil tersebut. “Sampaikan apa kendala yang bapak/ibu hadapi dan apa ada oknum yang nakal yang mepersulit bapak/ibu yang pada akhirnya muaranya adalah uang. Ini akan saya tindak tegas dan tidak akan ada lagi oknum-oknum seperti itu dalam pelayanan kita. Kita upayakan secepat mungkin dan pihak Dinas Catpil harus pro aktif dan kreatif bagaimana agar bisa cepat selesai,” ujar Bupati mengakhiri.
Dalam sidak tersebut, Bupati Taput langsung membuat solusi-solusi bagi kendala-kendala yang selama ini dihadapi pihak catpil, termasuk kurangnya operator untuk melayani masyarakat dan Bupati langsung menugaskan Kepala BKD untuk menambahkan 7 (tujuh) orang lagi operator di Dinas Capil secepatnya.
Di samping itu, kendala kelambatan server dan antisipasi kerusakan dan gangguan server, Bupati langsung menegaskan agar pengadaan tambahan server segera ditampung di P-APBD sehingga tidak ada lagi keterlambatan akses ke pusat, sudah ada beberapa server yang digunakan untuk percepatan pelayanan. Bupati juga menegaskan bahwa masyarakat yang menunggu pelayanan dan suratnya selesai harus disediakan tempat duduk, tidak berdiri dan jongkok-jongkok. “Tolong beri hatimu dalam memberikan pelayanan, berikan yang terbaik dan buat masyarakat senyaman mungkin dengan pelayanan Dinas Catpil. Karena sempitnya kantor Catpil ini, kita akan relokasi ke kantor yang lebih luas, mungkin apabila memungkinkan kita akan relokasi ke kantor perizinan Taput agar masyarakat lebih nyaman,” ujar Bupati mengakhiri.
Turut mendampingi Bupati Taput dalam sidak, Kepala BKD Taput Drs Hotman Nababan, Kabag Pemerintahan Drs Satya Dharma Nababan dan Kabag Humas & Keprotokolan Taput Donna Situmeang. Bupati dan rombongan di terima Kabid Pelayanan KTP Jonas Sihombing S.Sos. (Ramlan Nababan/Humas)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s