Diskannak Taput Programkan Kawin Suntik Kerbau

Tarutung – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mulai mengembangkan program kawin suntik atau inse­minasi buatan (IB) terhadap induk ternak kerbau betina.

Kepala Diskannak Taput, Ir Longgos Pandiangan kepada wartawan, Jumat (15/4) menyampaikan, program kawin suntik atau IB dilakukan untuk mengatasi minimnya ternak kerbau jantan.

Menurutnya, saat ini populasi kerbau jantan di Taput sudah minim dan menurun akibat sering digunakan (dipotong) pada saat kegiatan pesta adat atau dijual untuk keperluan tertentu.

“Akibat populasi kerbau jantanminim sehingga induk kerbau betina sulit melakukan perkawaninan. Untuk mengatasi hal itu kita mengembangkan program kawin suntik,”ujarnya kepada Analisa.

Dia menjelaskan, sistem perkawinan suntik ini dilakukan dengan cara menyun­tikkan hormon peransang gertak birahi terhadap induk kerbau sehingga bila induk kerbau betina tersebut dalam kondisi normal maka dengan sendirinya akan berpeluang bunting.

“Penyuntikan hormon berfungsi untuk menimbulkan birahi ternak dan bila memang ternak normal, akan berpeluang bunting dan hal ini nanti akan dicek setelah tiga bulan,” ucapnya dan mengatakan bila setelah tiga bulan sudah terlihat kerbau bunting, langsung dilakukan perawatan sampai melahirkan.

Longgos mengatakan, dengan ada program kawin suntik ini membantu para peternak untuk mengembangbiakkan ternaknya meskipun dalam kondisi minim kerbau pejantan.

Pihaknya berharap, para peternak kerbau yang tidak memiliki kerbau jantan segera membuat permohonan ke Diskannak agar segera dilakukan program kawin suntik terhadap induk kerbau betina.

“Kita berharap dengan ada program ini populasi ternak kerbau yang saat ini sudah minim bisa kembali berkembang. Kita sarankan kepada para peternak bila tidak mempunyai kerbau jantan, segera membuat permohonan ke kita agar dilakukan program kawin suntik,” katanya. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s