Dugaan Korupsi Alat KB TA 2013 di Taput, Kepala BKKBD Diperiksa

Dugaan Korupsi Pipanisasi PDAM Mual Natio Disidangkan
Tarutung – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tarutung mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan alat-alat Keluarga Berencana (KB) tahun anggaran (TA) 2013 senilai Rp500 juta yang dikelola Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Taput.

“Terkait penyidikan dugaan korupsi itu, sejumlah pihak berkompeten sudah kita periksa yakni, Kepala BKKBD Taput Jumaga Nainggolan selaku KPA (Kuasa Pengguna Anggaran), PPK (Pimpro), panitia dan rekanan yang mengerjakan proyek. Mereka kita periksa secara intensif di Kantor Kejari Tarutung dan statusnya masih sebagai saksi. Dari hasil penyidikan ada indikasi korupsi pada pengadaan alat KB tersebut” ujar Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejarai Tarutung Symon Morrys kepada wartawanI, Selasa (12/4) di kantornya.

Symon menyebut, dalam penyidikan yang dilakukan Kejaksaan, sudah banyak mengumpulkan data-data untuk mendukung pembuktian merugikan keuangan negara. Peyidikan dugaan korupsi pengadaan alat-alat KB itu juga akan menentukan siapa-siapa saja nantinya tersangka atau yang bertanggungjawab. Nantilah ditentukan siapa-siapa orangnya.

“Tugas kami sebagai Jaksa pidana khusus untuk mengajukan segala alat-alat bukti yang cukup untuk menetapkan siapa tersangka dalam pelaksanaan proyek tersebut,” tegasnya.

Menurutnya, pengusutan dugaan korupsi juga ada dilakukan di beberapa instansi dan Dinas Pemkab Taput yang saat ini masih tahap penyelidikan. Yang jelas ada dodalami dan masih tahap penyelidikan, yakni menyangkut penggunaan anggaran yang dikelola instansi dan dinas itu. “Nantilah. Belum dapat kami ungkapkan sekarang, ujarnya.

Dugaan Korupsi Pipanisasi PDAM Mual Natio Disidangkan
Dia menambahkan, terkait kasus korupsi PDAM Mual Natio Taput sudah tahap persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan. “Kasusnya sudah maju di persidangan. Tiga tersangkanya masing-masing Namora Tonggor Hutagalung (mantan Dirut PDAM), ML (rekanan) dan Mahader Simanjuntak (PPK) sebagai terdakwa statusnya menjadi tahanan jaksa. Mereka bertiga kita titipkan di Rutan Tanjung Gusta Medan” ujarnya. (as)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s