Pemkab Taput Suguhkan Pentas Seni Budaya Batak di PRSU

Drs Nikson Nabababan : Kita Lestarikan dan Gali Kembali Budaya Batak yang sering terlupakan
TaputMedan – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan bersama Ibu Satika boru Simamora SE, didampingi Wakil Bupati Drs. Mauliate Simorangkir, Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utrara Edward Tambubolon, SE dan beberapa anggota DPRD Taput hadiri pagelaran seni budaya Batak dari Tapanili Utara di Openstage Pekan Raya Sumatera Utara, Senin (11/4).

“Saya sangat mendukung kegiatan pagelaran seni budaya Batak yang menggalestarikan seni dan menggali kembali keindaahan dan keekayaan budaya nenek moyang dan melestariskaannya untuk generasi muda agar lebih mengenal dan menghargai budayanya. Jangan pernah kita tinggalkan kekayaan nenek moyang yang mencerminkan pesan-pesan pola perilaku yang diajarkan bagi generasi muda sekarang. Budaya sebagai sebuah kekayaan dan cermin peradaban nenek moyang kita, mari kita lestarikan,” ujar Bupaati mengawali sambutannya.
Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa di samping menggali seni budaya kita, paagelaran seni seperti ini juga diharapkan mampu menjadi ajang menggali potensi-potensi dan talenta generasi muda di bidang seni budaya. “Melalui ajang seperti ini, akan muncul talenta-talenta yang dapat kita kembangkan dan kelak menjadi duta dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya Batak lebih luas lagi. Kegiatan-kegiatan seperti ini akan mendorong dan menciptakan generasi-generasi yang inovatif dan kreatif sehingga generasi yang terbuka untuk perubahan yang positif dan berpikir positif. Kita jauhkan dari pikiran-pikiran negative yang membuat gaduh sehingga kita bergerak maju menuju sebuah titik di depan,” ujar Bupati menambahkan.
Kita jauhkan dari perbuatan-perbuatan yang ingin menghancurkan sebuah keutuhan, tetapi kita akan terus mencoba mengasah kegiatan-kegiatan positif yang memberikan cerminan positif bagi anak-anak kita sehingga dapat dipersiapkan menjadi pelaku-pelaku perubahan menuju Tapanuli Utara yang lebih baik. “Kita ciptakan generasi yang mencintai kemajuan dan kebersamaan melalui budaya batak yang diajarkan nenek moyang kita. Telah banyak perubahan dan kemajuan yang di raih Tapanuli Utara saat ini, kita harus tetap menyatu dan menyatukan setiap perbedaan menjadi sebuah kekuatan,” ujar Bupati mengakhiri.
Salah seorang tokoh masyarakat yang pernah mengabdi di Kabupaten Tapanuli Utara Sanggam Hutagalung dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa pagelaran seperti ini adalah hal yang positif yang perlu kita lestarikan dan menjadi ajang mencari pelaku-pelaku seni yang kelak mengharumkan tanah Batak, khususnya Tapanuli Utara. “Saya bangga melihat kemajuan yang dialami Tapanuli Utara saat ini, mari kita dukung dan menciptakan kebersamaan demi kemajuan daerah yang kita cintai Tapanuli Utara,” ujar Sanggam mengakhiri.
Pada keesempatan itu, di samping tortor Batak, seni suara dan seni lainnya, pagelaran juga disuguhi sebuah penampilan ‘fashion show’ yang fashionnya diprakarsai oleh Junot Hutabarat di bawah naungan Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara dengan menyuguhkan beberapa model pakaian dari bahan ulos ‘mangiring’yang sangat fashionable dan mendapat penghargaan dari Bupati Taput dan Ketua Dekranasda Tapanuli Utara.
Turut hadir dalam pertemuan tersebut seluruh SKPD Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Anggota DPRD Sumut Sarma Hutajulu, Sanggam Bakkara, dan beberapa anggota DPRD Tapanuli Utara.

3 pemikiran pada “Pemkab Taput Suguhkan Pentas Seni Budaya Batak di PRSU

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s