Penataan Danau Toba Akan Lebih Terkoordinir

Danau TobaSidikalang – Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumut, Hasban Ritonga didampingi Kepala Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Ir Bonar Sirait ditemui di Desa Silalahi Kecamatan Silahisabungan, Sabtu (9/4) mengatakan, penataan Danau Toba ke depan akan lebih terkoordinir. Perambahan hutan baik oleh perorangan maupun perusahaan akan ditertibkan.

“Tidak ada lagi main-main,” ujar Hasban. Diakui, sebagian hutan di lingkungan Danau Toba adalah hutan negara yang berfungsi sebagai penyangga air dan erosi serta ruang keanekaragaman hayati. Sehubungan itu, penghijauan dan reboisasi segera digalakkan.

Hasban juga menyinggung tentang polusi air. Menurutnya, limbah rumah penduduk maupun hotel tak boleh lagi dibuang ke Danau Toba. Seyogianya, air tersebut punya jaminan kesehatan sehingga layak buat mandi bahkan untuk minum. Aturan terkait substansi itu akan diperketat.

“Kita tidak boleh menutup mata. Fakta membuktikan, limbah hotel dan perumahan dibuang ke danau. Dia pun mengakui, adanya potensi pelanggaran terhadap amdal perusahaan,” katanya.

Kekayaan alam Danau Toba merupakan potensi besar memakmurkan rakyat. Objek wisata ini menjadi destinasi dunia. Bersamaan itu, dukungan masyarakat sangat dinantikan. Dari aspek pemerintahan, berbagai infrastruktur akan dibangun. Diantaranya jalan tol, jalan lingkar luas dan dalam serta peningkatan layanan Bandara Silangit, Siborongborong, Tapanuli Utara

Kepada wartawan, seorang warga Silalahi menyebut, sulit memindahkan usaha kerambah jaring apung (KJA) ke lokasi tertentu. Bisnis ini butuh listrik. Kalau penerangan tak tersedia, bagaimana mungkin masyarakat mau direlokasi?

Pantauan wartawan, kawasan hutan Lae Pondom di atas Desa Silalahi kian terbuka akibat penebangan. Asset negara beralih fungsi menjadi perladangan jeruk manis, kopi dan sayur mayur hingga permukiman. (ssr)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s