LSM LPPAS-RI Tabur Ikan di Aek Sigeaon

IkanSipoholon – Lembaga Pemantau Pembangunan Aset-Republik Indonesia (LPPAS-RI) bersama Dinas Perikanan Tapanuli Utara, menabur ribuan bibit ikan mas ke bendungan Aek Sigeaon, Sipoholon. Hal ini sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan ekosistem Aek Sigeaon yang membelah Kota Tarutung.

“Penaburan ribuan benih ikan itu sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, agar populasi ikan di sungai Sigeaon tetap terpelihara,” ujar Ketua Umum LPPAS-RI Sumatera Utara J Manalu SH.

Dia menjelaskan, adanya kegiatan tabur ribuan benih ikan ini sekaligus sebagai ajakan untuk memotivasi masyarakat beserta pemerintah daerah setempat, agar memberi perhatian dan mau menabur benih ikan ke sungai Sigeaon, sebagai investasi berharga bagi generasi muda.

Dia mengimbau masyarakat setempat menjaga benih-benih ikan yang ditabur itu, karena penyebaran benih yang dilakukan bertujuan untuk mempertahankan dan melestarikan sumber hayati perikanan.

“Benih ikan yang ditabur jangan dijaring, karena ukurannya masih terlalu kecil. Jika sudah berkembang nanti bisa dinikmati bersama,” katanya.
Dia menyarankan, pemerintah daerah agar membuat bendungan Aek Sigeaon yang terdapat di Sipoholon sebagai tempat wisata yang nantinnya bisa penambah pendapatan daerah.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan, Longgos Pandiangan, menyambut baik kegiatan tabor benih ikan yang dilakukan LSM LPPAS-RI tersebut. Dia berharap agar semua elemen masyarakat tetap kerjasama untuk membangun Tapanuli Utara.

Ia juga menyarankan masyarakat menjaga ekosistem bendungan Aek Sigeaon dan melarang ikan yang terdapat di bendungan dijaring, karena masih kecil. “Pembangunan di Taput harus melibatkan semua elemen masyarakat, agar pembangunan tersebut berjalan dengan baik,” imbuhnya. (tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s