Para Pendaki Pusuk Buhit, Perlu Diawasi

Martius Tarigan penjaga pos pendakian
Martius Tarigan penjaga pos pendakian

SIANJURMULA-MULA –Tiga titik pos pendakian didirikan untuk mempermudah para pencinta alam atau pendaki Gunung Pusuk Buhit, di Kabupaten Samosir.
Pos pendakian yang didirikan tersebut, yakni Pos I berada di Limbong di dekat simpang Batu Sawan, Desa Simarrihit, Pos II berada pada Desa Sitao-Tao, dan Pos III berada di Desa Huta Ginjang, Sianjurmula-mula.

Martius Tarigan (41), salah seorang personel penjaga Pos I ketika ditemui samosirgreen.com, Kamis (7/4), mengatakan, ada pentingnya pos ini dibuat untuk para pendaki Gunung Pusuk Buhit.

Selain agar mempermudah para pendaki mencari jalan, dan juga membuat rambu-rambu di atas agar para pendaki tidak keliru dalam perjalanan menuju Gunung Pusuk Buhit.

Ketiga titik pos pendakian ini dibuat, berkat partisipasi warga desa, agar setiap orang pendatang dari luar daerah maupun dalam daerah yang ingin mendaki Gunung Pusuk Buhit mendaftarkan diri ke pos pendakian yang sudah ditentukan.

“Agar ada pertanggungjawaban si penjaga pos dan untuk menjaga para pendaki yang ilegal,” terang Martius.

Dia juga menyampaikan bahwa Gunung Pusuk Buhit adalah asal mula orang Batak, dan berbeda dengan gunung-gunung yang lainnya.

Nantinya, si penjaga pos bisa memberitahukan kepada si pendaki agar mereka wajib menjaga sopan santun dan tata krama selama di lokasi Gunung Pusuk Buhit.

Selain itu, kepada setiap orang yang berada di Gunung Pusuk Buhit nantinya diminta menjaga kebersihan, dan tidak boleh dalam satu kemah laki-laki dan perempuan.

“Dimana inti dari semua yang saya sampaikan adalah untuk menjaga sakral dan citra nama baik Gunung Pusuk Buhit. Karena nenek moyang dahulunya turun dari khayangan dan bertempat tinggal di Gunung Pusuk Buhit,” urainya kemudian.

Martius pun berharap, harus ada kerja sama antar ketiga titik pos tersebut agar si pendaki merasa puas dan tidak ada yang keliru dalam perjalanan pulang, dan dengan keadaan selamat. (sg04)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s