Derman P Nababan SH MH : Integritas Modal Utama Bagi Pemimpin, Bukan Jabatan

DermanMedan – Ketua DPC GAMKI Medan Derman P Nababan SH, MH mengatakan, tragedi terbesar dalam kepemimpinan adalah, ketika integritas sebagai modal utama seorang pemimpin justru kini jarang dimiliki pemimpin. “James Kousez dan Barry Posner ketika melakukan riset terhadap ribuan kaum profesional dari empat benua selama 20 tahun menunjukkan bahwa integritas adalah kualitas paling vital yang harus dimiliki pemimpin. Seorang pemimpin yang disegani karena SK atau jabatan yang dimilikinya, ketika pensiun tidak dihargai lagi, itulah integritas kualitas,” ucapnya ketika menjadi pembicara dalam Seminar Kepemimpinan Pemuda Kristen dan GAMKI Medan, Sabtu (2/4) di Hotel Grand Anntares Medan.

Integritas lanjut Nababan tidak sama dengan citra diri (image), karena integritas adalah siapa seseorang itu sesungguhnya. Bila seseorang dengan segala daya dan upaya memerlihatkan sebuah “image” palsu kepada orang lain, maka dia akan beresiko kehilangan integritas.

Raja Saul mengatakan:” Aku telah berdosa, tapi tunjukkanlah rasa hormatmu kepadaku di depan para tua-tua bangsaku dan di depan orang Israel”. (1 Samuel 15:30). Ini adalah integritas dalam berfikir, yang artinya tidak membedakan kehidupan di depan umum. Sedangkan integritas dalam tindakan adalah bertindak sesuai dengan ucapan, sama di depan dan di belakang umum.

“Dalam Matius 5:16 disebutkan: hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu di Sorga. Apa yang dilihat manusia bukan itu yang dilihat Allah, manusia melihat apa di depan mata, tapi Tuhan melihat ke dalam hati,” tutur Derman yang juga Wakil Ketua Pengadilan Negeri Balige itu.

Untuk itu, dia mengajak pemuda GAMKI, pemuda gereja agar teguh berdiri sebagai seorang pemimpin dan dijaga supaya tidak jatuh. Pemuda Kristen harus semakin melekat kepada Tuhan, menjaga hati dan meminta Tuhan menguji. “Ingatlah, dunia menanti orang-orang yang bisa menjadi teladan, yang berani berkata: “Ikutlah aku, sama seperti aku mengikut Kristus,” terangnya.

Ketua DPD GAMKI Sumut Landen Marbun SH mengatakan, seminar kepemimpinan ini sangat penting bagi pemuda gereja untuk bekal mereka menjadi pemimpin masa depan. Sebagai anak-anak Tuhan harus memiliki integritas, karena itulah modal paling berharga.” Karena di usia muda sekarang inilah pemuda harus menunjukkan integritasnya, sehingga kelak menjadi pemimpin, mereka akan menjadi pemimpin yang berwibawa karena memiliki integritas,” ucap Landen.

Seminar diawali ibadah dengan pengkhotbah Pdt Dr IKA Sinaga MTh dan doa syafaat senioren GAMKI Pdt Dr Eben Siagian. Turut sebagai pembicara Haris Sialahi (Wakil Ketua DPD GAMKI Sumut) tentang kepemimpinan dan Boydo HK Panjaitan, SH tentang entrepreneur pemuda. Turut hadir Ketua panitia Anton Sianipar (Ketua PAC GAMKI Medan Area), Sekretaris DPC GAMKI Medan Boy Tampubolon,SE , Pdt Hendro Simbolon, dan pengurus GAMKI lainnya. (A10/l)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s