Dolok Tolong Terbakar, Hanguskan Puluhan Hektare Hutan Pinus

DolokBalige – Hutan pinus di Bukit Dolok Tolong, tepatnya di Desa Hinalang, Kecamatan Balige, Tobasa (Toba Samosir) kembali terbakar, Selasa (29/3) pagi sekira pukul 10.00 WIB. Lahan kering dan angin memicu api cepat merambat hingga menghanguskan puluhan hektare lahan di daerah itu.

Petugas Pemadam Kebakaran, Dinas Kehutanan, BPBD, TNI, Polri serta masyarakat yang hadir di lokasi tidak mampu berbuat banyak. Pasalnya, akses menuju lokasi kebakaran sama sekali tidak ada. Belum diketahui secara pasti pemisu kebakaran itu.

Menurut Kepala Desa Hinalang Andi J Siahaan dan Kapolsek Balige AKP Pesta Simarmata yang ditemui di lokasi kejadian menyebutkan, sumber api diduga berasal dari areal pemakaman umum yang berada di bawah lereng Bukit Dolok Tolong.

“Sepertinya sumber api berasal dari areal pemakanam. Tetapi kami tidak tahu pasti kejadiannya seperti apa. Siapa yang melakukan, apakah sengaja atau tidak, kami tidak tahu,” tutur Andi J Siahaan yang juga diamini AKP Pesta Simarmata. Sementara itu, kebakaran hutan pinus itu mendapat perhatian banyak pihak. Tampak petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang dekat dengan pemukiman warga dibantu beberapa orang dari Dinas Kehutanan, TNI, Polri, serta masyarakat. Namun upaya tersebut tidak bisa maksimal. Akibat akses jalan yang tidak ada, mobil pemadam yang disiagakan tidak bisa memasuki kawasan hutan. Namun demikian, upaya pemadaman tetap dilakukan secara manual dengan membedeng pinggiran lokasi kebakaran.

“Sampai sekarang kami masih di lokasi kebakaran hutan dipimpin langsung Pak Kapolres. Ada sebanyak 45 orang personel yang diturunkan. Upaya yang kami lakukan bersama petugas lainnya hanya sebatas pemadaman secara manual,” kata Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian melalui Kabag Ops Kompol Edi B Sinaga ketika dihubungi melalui selulernya, Selasa (29/3) pukul 17.00 WIB.

Diterangkan, kebakaran masih terus berlangsung menyusuri lereng bukit. Tidak dapat diperkirakan luas kebakaran yang terjadi. “Sampai sekarang api masih menyala. Luas kebakaran tidak bisa dipastikan, diperkirakan sudah mencapai puluhan hektare,” tandasnya. (ft)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s