Bupati Taput Hadiri Lelang Hasil Pertanian di Pasar Siborongborong

LelangSiborongborong – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi Kadis Pertanian, Kaban BP4K, Kadis Koperindag, Kabag Perekonomian, Kakan Ketahanan Pangan dan Direktur Perusahaan Daerah Pertanian hadiri pelelangan hasil pertanian di Pasar Siborongborong jenis komoditi Cabai Merah oleh Pemkab Tapanuli Utara, senin (28/03).
“Pelelangan ini adalah bagian dari mewujudkan visi Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan, dimana melalui pelelangan ini petani akan mendapatkan harga terbaik sehingga masyarakat petani tidak dirugikan dan mendapat untung yang bagus sehingga berlomba-lomba untuk bertani karena ada kepastian harga. Sistem pelelangan ini akan merangsang dan memotivasi masyarakat untuk menggarap lahan dan membuka lahan tidur dan bertani dengan serius dengan jaminan tidak akan merugi tetapi mendapat hasil yang bagus untuk hasil pertaniannya,” ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa tim kerja pelelangan ini akan bekerja maksimal dengan survey harga ke berbagai daerah sehingga harga yang ditetapkan di pelelangan ini tepat. “Apabila harga sangat jatuh ditawar pelelang, Perusda Pertanian akan ambil alih untuk membeli dengan harga yang tetap menguntungkan petani sehingga petani akan mendapat untung yang lebih besar. Dengan demikian, petani dapat merasakan kehadiran pemerintah dalam menjamin harga pasar bagi hasil pertanian mereka sehingga mereka tetap semangat dalam bekerja,” ujar Bupati mengakhiri.
Dalam hasil pelelangan kedua kali ini yang difasilitasi langsung oleh pemerintah komoditi cabai merah yang berhasil dilelang sebanyak 2.446,5 kg, meningkat dari minggu lalu, dengan harga Rp 29.000-30.000 oleh Perusahaan Daerah Pertanian. dari hasil pantauan tim lelang, petani sangat senang dan berlomba-lomba membawa cabai merahnya ke pasar lelang karena harga cabai mereka jauh lebih mahal di banding harga yang ditawarkan toke. Juru lelang diambil alih oleh Walman Sitompul dari Dinas Pasar dan Kebersihan.
Dalam kesempatan itu, tim lelang menyampaikan bahwa mulai bulan April 2016 akan digelar pelelangan 2 kali dalam seminggu, yakni hari Senin dan Jumat setiap minggunya, sehingga semua cabai merah hasil petani dapat ditampung dan kehadiran pemerintah sebagai fasilitator dalam pelelangan ini dapat dirasakan masyarakat. (R Nababan)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s