Bupati Taput Hadiri Buha-buha Ijuk dan Kebaktian Paskah di Lobu Pining

Laporan : Mardostahi Nababan ST
Buha2ijukBupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan bersama Ibu didampingi Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Ottoniyer Simanjuntak hadiri Kebaktian Paskah Buha-buha Ijuk yang diawali dengan Pawai obor sepanjang 2 km menuju pelataran Monumen Munson Lyman bersama seluruh elemen BKAG, SKPD Pemkab Taput dan masyarakat, di Lobupining Kecamatan Adiankoting, Minggu (27/03).
“Kebaktian Paskah dan Buha-buha ijuk ini merupakan momen penting bagi umat Kristen dalam memperingati peristiwa tersalibnya Tuhan Yesus untuk menebus manusia dari dosa.

Ini kedua kalinya kita adakan kebaktian paskah buha-buha ijuk di Pelataran Monumen Munson-Lyman sebagai momentum bagi kita untuk menghargai dan mengenang sejarah masuknya agama Kristen di daerah kita dimana Munson-Lyman mati martir untuk menyelamatkan bangso Batak dari kegelapan,” ujar Bupati Taput dalam sambutannya usai kebaktian. Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa masyarakat Batak harus menghargai sejarah agar menjadi bangsa yang besar, masyarakat yang maju dan menghargai setiap perjuangan pendahulu kita bagi Bangso Batak. “Saya mempelajari sejarah Munson-Lyman memberikan perubahan yang luar biasa di Tanah Batak dan menjadi sejarah yang berharga yang harus diketahui generasi kita, kedatangan kedua missonaris ini memberikan terang dan masuknya agama Kristen bagi pendahulu kita. Untuk itu jugalah saya berharap nama Munson-Lyman diabadikan sebagai nama Bandara Silangit “Bandara Munson-Lyman Silangit Internasional” sebagai bentuk penghargaan bagi sejarah kita. Di samping itu, nama itu juga akan menarik perhatian bagi Negara asal Munson-Lyman untuk mengenal dan mengunjungi Kabupaten Tapanuli Utara sehingga daerah kita akan lebih maju,” ujar Bupati menambahkan.

“Akhirnya,, saya ucapkan selamat Paskah untuk seluruh masyarakat Tapanuli Utara dimanapun berada, semoga perayaan paskah ini memberikan berkah dan anugerah yang luar biasa bagi Kabupaten Tapanuli Utara. Segala yang kita rintis selama ini agar berjalan lancar dan masyarakat Tapanuli Utara bahu-membahu menuju sebuah kesejahteraan dan kemajuan. Sebagai bentuk penerimaan kita akan keselamatan manusia melalui kematian Yesus adalah dengan karya kita dalam mengisi kemajuan dan pembangunan di Tapanuli Utara,” ujar Bupati mengakhiri.
Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Ottoniyer Simanjuntak dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa perayaan Paskah ini merupakan momen berharga dan religius bagi masyarakat untuk lebih memaknai arti Paskah bagi umat Kristiani. “Tempat ini menggugah kita untuk mengenang dan menghargai sejarah dan kami mendukung penuh ide Bupati yang ingin memberikan nama “Bandara Munson-Lyman Silangit Internasional” untuk Bandara kita di Silangit sebagai bentuk penghargaan akan sejarah karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah,” ujar Ottoniyer mengakhiri. Kebaktian buha-buha ijuk yang dipimpim Pendeta Demak Simanjuntak yang sebelumnya diawali dengan prosesi dan pawai obor sepanjang 2 Km diakhiri dengan Bupati meninjau seluruh lokasi guna pengembangannya sebagai tempat wisata rohani yang mampu menarik perhatian pengunjung. Bupati Taput didampingi seluruh SKPD dan anggota PKK Kabupaten Tapanuli Utara. (RN)

3 pemikiran pada “Bupati Taput Hadiri Buha-buha Ijuk dan Kebaktian Paskah di Lobu Pining

  1. M Purba ST

    Selamat Paskah Pak Bupati, semoga sukses dalam melaksanakan tugas….Taput telah berobah….lanjutkan II Periode, terimakasih laporanya Pak Mardosatahi jg buat pak R Nababan maju terus pantang mundur.

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s