Walikota Bekasi Kunjungi Kantor Pusat HKBP Pearaja di Jumat Agung

WalikotaTarutung – Walikota Bekasi Rahmat Effendi lakukan kunjungan ke Kantor Pusat Huria Kristen batak Protestan (HKBP) di Pearaja Tarutung, Tapanuli Utara, Jumat (25/3/2016). Pada kunjungan tepat pada Perayaan Jumat Agung tersebut, Rahmat Effendi menyatakan, Pemerintah Kota Bekasi berkomitmen untuk menjaga kerukunan umat beragama dan kesamaan hak mayoritas dan minoritas di Kota Bekasi.

Kunjungan Walikota Bekasi disambut hangat Ephorus HKBP Pdt Willem TP. Simarmata, dan dihadiri Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan, Walikota Sibolga Syarfie Hutauruk, dan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sukran Tanjung.

“Saya tempuh beribu-ribu kilometer untuk sampai ke tempat ini. Kehadiran saya untuk merealisasikan janji saya ingin mengunjungi Pearaja HKBP, karena warga saya ada sebanyak 324 ribu non muslim di Kota Bekasi, termasuk didalamnya jemaat HKBP,” ujar Walikota Bekasi dalam sambutannya.

Walikota Rahmat mengungkapkan, Pemerintah Kota Bekasi akan menggelar deklarasi kerukunan antar umat beragama pada tanggal 16 April 2016 mendatang.

“Akan kita laksanakan deklarasi kerukunan antar umat beragama dengan dasar keadilan untuk semua umat tanpa memandang mayoritas atau minoritas, dengan kesamaan hak sebagai anak bangsa sebagai amanah dari jabatan saya. Saya berani datang ke Pearaja karena keinginan saya untuk melindungi dan menerapkan keadilan bagi semua warga Bekasi tanpa memandang agama. Saya bertekad dan berani menanamkan dasar-dasar heterogensi dan pluralisme dalam kepemimpinan saya tanpa peduli apa saya dibenci atau didemo pihak-pihak tertentu. Kota Bekasi akan menjadi contoh bagi daerah lain bahwa tidak ada lagi perbedaan hak antara mayoritas dan minoritas dengan kesamaan hak dan kedamaian,” paparnya.

Bupati Taput Nikson Nababan sangat menghargai kunjungan Walikota Bekasi ke Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung, dan berharap kunjungan tersebut menjadi momentum untuk mencairkan komunikasi antar umat beragama di Kota Bekasi bahkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

“Kunjungan Walikota Bekasi menjadi momen bagi kita, bahwa kita adalah satu walaupun berbeda agama. Jangan ada perasaan saling membenci karena perbedaan, tetapi kita adalah satu dengan tujuan yang sama, untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat. Jangan pernah kita mau terprovokasi oleh kepentingan segelintir yang tidak bertanggung jawab yang ingin memecah belah kita,” ujar Bupati Taput.

Bupati Nikson menyampaikan, momentum kunjungan Walikota Bekasi menjadi cermin bagi seluruh anak bangsa untuk saling menjaga dan menyayangi, sehingga budaya gorong royong dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

“Kami sangat berharap kita membuat semacam wadah untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, dan kami menitip masyarakat sesama kami yang ada di Bekasi dan kami berharap kekompakan dan kenyamanan bagi umat beragama yang berbeda tetap kita pertahankan dan tingkatkan,” pinta Nikson.

Ephorus HKBP Pdt. Willem TP. Simarmata dalam kesempatan itu menyampaikan paparan tentang program HKBP dalam menjaga kerukunan antar umat beragama, menjaga lingkungan hidup dan menyambangi korban bencana alam, penanaman pohon dan gerakan gotong-royong bagi muda-mudi dalam membersihkan gereja maupun masjid.

“Kita harus getol menanamkan kerukunan antar umat beragama bagi generasi kita dan menanamkan betapa indah kedamaian itu. Kita diciptakan berbeda tetapi untuk saling melengkapi,” ujar Ephorus.

Sementara Walikota Sibolga Syarfie Hutauruk dalam sambutannya menngungkapkan kebahagiannya atas kekompakan yang terjalin saat ini.

“Kita harus ciptakan umat yang betul-betul menjalankan agamanya dengan baik dan benar, baik umat Islam agar menjadi umat Islam yang benar, dan juga umat Kristen menjadi umat Kristen yang benar, saling menjaga dan toleransi,” ucap Walikota Syafrie.

Di penghujung pertemuan, Ephorus HKBP menyerahkan cinderamata berupa ulos kepala Walikota Bekasi beserta rombongan, Walikota Sibolga, dan Bupati Tapteng.

Rombongan Walikota Bekasi melanjutkan kunjungan dan ramah tamah ke rumah dinas Bupati Taput, sambil menikmati kopi didampingi beberapa pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Taput. (rel)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s