Anggota DPRDSU Minta Dihentikan Penebangan Kayu di Taput

Tarutung – Anggota Komisi D DPRD Sumut, Ir Juliski Simorangkir MM mendesak pihak yang berwenang agar segera menghentikan seluruh aktivitas penebangan kayu di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

“Selama ini saya sudah sering mengungkapkan ke publik, agar seluruh aktivitas penebangan kayu kawasan Danau Toba, termasuk di Taput segera dihentikan,” tandas Juliski Simorangkir kepada wartawan, Senin, (21/3).

Menurutnya, penebangan kayu di seluruh wilayah kawasan Danau Toba harus segera dihentikan, mengingat kawasan Danau Toba saat ini sedang gencar-gencarnya dipromosikan menjadi daerah wisata yang memang harus dilestarikan agar terhindar dari bencana kerusakan lingkungan.

Dia meminta pihak yang berwenang segera menyelidiki dan menindak para pelaku penebangan kayu, khususnya yang terjadi saat ini di Taput.

“Kita mendesak agar para pelaku perambahan hutan yang ada di Taput segera ditindak tegas,” tandasnya.

Pemerhati lingkungan hidup dan ekosistem Alam Wilayah Tapanuli, Ganda Simanjuntak menambahkan, penebangan kayu merupakan tindakan yang merusak lingkungan alam sekitar. Pasalnya, bila penebangan terus ber­langsung kawasan hutan akan gundul yang berdampak pada rusaknya ekosistem alam.

“Apapun alasannya penebangan kayu sangat berdampak pada kerusakan ekosistem lingkungan, seharusnya kita semua menjaga, bukan justru merusak ekosistem alam. Kita berharap siapun pelakunya ditindak,”tandasnya.

Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Kabupaten Taput, Benhur Simamora SP yang dikonfirmasi wartawan mengenai maraknya aksi penebangan kayu di Taput, dia menegaskan, pihaknya tidak pernah menerbitkan dokumen izin penebangan kayu di Taput.

Dia menyatakan, pihaknya saat ini berkoordinasi dan menyurati pihak Balai Pe­mantauan Pemanfaatan Hutan Produksi (BP2H) wilayah II Medan untuk menghentikan aktivitas penebangan di lokasi.

“Kita tidak ada lagi menerbitkan izin penebangan sekarang, makanya kita sudah koordinasi dengan BP2H Medan, dan BP2H medan juga sudah menyurati agar dihentikan aktivitas penebangan,” tandasnya. (can)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s