Tarif PDAM Mual Natio Tarutung Naik

Tarutung – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Mual Natio Tarutung, Kabupten Tapanuli Utara (Taput) menaikkan tarif dasar air (TDA) kepada pelanggan yang ada di Tarutung sekitarnya menjadi Rp 1.700 per kubik.

Direktur PDAM Mual Natio, Lamtagon Manalu yang dikonfirmasi Analisa, Jumat, (18/3) mengatakan, kenaikan tarif ini diberlakukan karena pihaknya selama ini mengalami kerugian dengan penerapan tarif lama seharga Rp 690 per kubik. “Perusahaan selalu merugi dengan penerapan tarif lama, karena tarif lama yang Rp 690 tidak mampu menutupi biaya produksi,”tandasnya.

Menurutnya, biaya produksi air minim membutuhkan dana Rp 2.500 per kubik, sehingga harus ada penyesuaian kenaikan tarif rata-rata Rp 1.700 per kubik.

“Kalau rata-rata Rp 1.700 per kubik, saya kira tidak rugi lagi, sebab sudah cukup untuk membantu biaya produksi,” katanya.

Dia juga mengatakan, dengan ada kenaikan tarif ini, pihaknya akan terus meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan air kepada pelanggan.

Menanggapi kenaikan tarif, salah seorang pelangan mengaku sangat keberatan atas kenaikan TDA yang diberlakukan pihak PDAM. Pasalnya, selain memberatkan karena tarif terlalu tinggi dan mencekik leher, pelanggan juga menilai kenaikan TDA kurang mendasar karena pelayanan PDAM Mual Natio kurang maksimal.

“PDAM jangan hanya menaikkan tarif, lihat juga kemampuan pelanggan, jangan hanya mikir diri sendiri, apalagi pelayanan juga minim, dulunya kami setiap bulannya hanya membayar rata-rata Rp 25.000 per bulan, sekarang sudah mencapai rata-rat Rp 60.000 per bulan, bahkan bisa sampai Rp 100.000, inikan mencekik leher,” tandas salah seorang pelanggan, Boru Situmeang wartawan, Jumat, (18/3).

Dia juga menyesalkan sikap pihak PDAM dalam setiap penetapan harga iuran per bulan terkadang tanpa perhitungan. “Kadang-kadang kita heran belum ada dilihat meteran sudah, tiba-tiba ditetapkan harga pembayaran membeng­kak,”tandasnya. (can)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s