Kelompok Tani di Baktiraja Dapat Bantuan Mesin Penanam Padi

baktiBakkara – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor SE memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa mesin penanam padi (rice transplanter) kepada sejumlah kelompok tani yang dipusatkan di Desa Marbun, Kecamatan Baktiraja, Kamis (17/3). Pemberian Alsintan itu bertujuan untuk memacu dan memberhasilkan program swasembada pangan yang merupakan salah satu penjabaran Nawacita Presiden Joko Widodo.

Dosmar Banjarnahor didampingi Kadis Pertanian HumbahasHappy Silitonga di sela-sela demo penggunaan mesin penanam padi itu menjelaskan, pemberian bantuan alat mesin pertanian itu didasari kenyataan bahwa tenaga kerja di sektor pertanian saat ini sudah semakin langka.

Maka satu-satunya upaya untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan mekanisme pertanian yang dimulai dari penyiapan lahan sampai dengan pasca panen.

“Hari ini kita tunjukkan kepada masyarakat petani kita secara langsung, bagaimana mekanisme penggunaan mesin penanam padi ini. Tujuan kita hanya satu, yakni membantu petani untuk mencapai percepatan pertanaman. Di tahun-tahun yang akan datang kita akan berupaya untuk menambah jumlah mesin penanam padi ini kepada kelompok tani maupun gabungan kelompok tani,” kata Dosmar.

Ditambahkannya, sifat penggunaan Alsintan itu harus melalui kelompok tani. Untuk itu dia mengimbau agar petani menjaga dan memelihara alat itu dan bergiliran menggunakannya. “Saya berharap, ke depan penggunaannya dapat diatur dalam sebuah Perdes. Tujuannya agar terwujud masyarakat Humbang Hasundutan yang mandiri dan sejahtera menuju Humbahas Hebat sebagaimana yang kita harapkan bersama. Dan saya minta semua stakeholder pertanian harus all out dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab. Ini tidak dapat ditawar-tawar,” tegasnya.

Diungkapkannya, Pemkab Humbahas sangat serius dalam meningkatkan dan mengembangkan sektor pertanian. Pasalnya, 85 persen masyarakat Humbahas adalah petani sehingga wajib didukung. (kat)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s