Tujuh ASN Bakal Masuk Humbahas, Dosmar Diminta Lebih Selektif

Doloksanggul – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor bersama wakilnya Saut Parlindungan Simamora akan melakukan reshuffle besar-besaran terhadap satuan perangkat kerja daerah (SKPD)-nya. Sebab, sebanyak tujuh aparatur sipil negara (ASN) dari luar daerah sudah didengungkan akan memiliki jabatan spesial pada kepemerintahaan Dosmar-Saut ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Humbahas Makden Sihombing SSos ketika dikonfirmasi wartawan, memberi penjelasan singkat soal itu. Namun, menurut mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahaan (Tapem) di masa pemerintahaan Bupati Maddin Sihombing dan Marganti Manullang ini, mengakui adanya tujuh ASN dari luar daerah yang bakal masuk ke Humbahas.

”Ketujuh orang ini benar ada. Tapi kalau untuk diangkat menjadi pejabat, kita kurang tahu. Itu urusan bupatilah,” ucap Makden via telepon selulernya, Minggu (13/3).

Ketujuh orang itu, katanya, masing-masing Janter Sinaga, Bilson Parluhutan Siahaan, Rudolf Manalu, Junter Marbun, Jhon Harry Marbun dan Saut Manalu (ASN di pemerintahaan Tapanuli Utara). Selanjutnya, AR Purba mantan ASN di pemerintahaan Tapteng.

Menurutnya, ketujuh orang itu sudah membuat permohonan ke bupati untuk diterima menjadi ASN di Humbahas. Namun dari ketujuh orang itu, empat di antaranya masih dalam pengurusan adminitrasi. Sebaliknya tiga lainya (AR Purba, Jhon Harry Marbun dan Junter Marbun) sudah diterima.

“Jadi kalau untuk informasi soal ketujuh orang ini akan diangkat menjadi pejabat, itu urusan bupati dan wakil. Apakah nanti ada perombakan besar-besaran, itu juga urusan beliau (Bupati-red), kita hanya jalankan tupoksi saja,” elak Makden.

Harus Selektif
Sebelumnya, anggota dewan dan politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Jonser Purba, dengan tegas meminta kepada pemerintahaan Dosmar-Saut, agar nantinya memilih pejabat yang tidak sekadar dinilai dari kecakapan. Namun, diseleksi sesuai kemampuan, yakni berupa program kerjanya.

Dimana menurut anggota DPRD dari daerah pemilihan (Dapil) Kecaamtan Dolok Sanggul, Pollung, Onan Ganjang, Sijamapolang dan Baktiraja ini, program agar orang yang terpilih nantinya, dapat dirasakan masyarakat.

“Sehingga membawa pemerintahaan Dosmar-Saut menjadi hebat. Untuk itu Dosmar dan Saut, bila melakukan perombakan pada SKPD-nya harus diseleksi ketat. Bukan sesuai selera, tapi harus melihat kemampuan pejabatnya. Bisa selera, tapi harus bisa mengikuti selera masyarakat.

Pengertiannya, masyarakat seluruh Humbahas bukan masyarakat yang bersifat kelompok,” kata Jonser. Jonser yang kembali dikonfirmasi pada Minggu (13/3) terkait ASN dari luar itu, tidak memungkirinya. ”Benar, informasi yang kita dapat ada seperti itu. Tapi itu kembali ke haknya bupati,” ucapnya.

Pun begitu, Jonser mengharapkan agar Humbahas kedepannya menjadi lebih hebat.

“Sebelumnya juga sudah kita siarkan di media, kita sampaikan agar Dosmar dan Saut dalam melakukan reshuffle harus melakukan penyeleksian ketat. Jangan karena selera maka dipilih tapi harus bisa mengikuti selera seluruh warganya,” pinta dia. (cr-01)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s