Dosmar Siapkan Strategi Jitu Untuk Danau Toba

Danau-TobaDOLOKSANGGUL – Selaku salah seorang kepala daerah di kawasan Danau Toba, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor SE, berperan aktif mendukung upaya pemerintah pusat mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Untuk mendukung program itu, Bupati Dosmar sudah mempersiapkan berbagai program dan langkah startegi jitu menyelesaikan berbagai kendala yang menghambat program pengembangan Danau Toba, khusus di daerah Kecamatan Baktiraja Humbahas.

Ke depan, kata Dosmar, pihaknya siap memfasilitasi pemerintah pusat dalam pembebasan lahan demi kepentingan infarstruktur pendukung menuju daerah pengembangan Danau Toba di daerah yang dipimpinya.

“Nanti kita akan jauh lebih serius dan konsentrasi dari yang sudah sudah. Khusus daerah Bakkara, kami akan melakukan pendekatan kepada masyarakat sekitar agar bisa memberdayakan potensi yang ada,” ujar Dosmar Banjarnahor menjawab New Tapanuli Jumat (11/3).
Menurut Dosmar, apa yang dilakukan pemerintah pusat dengan membentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba itu merupakan langkah luar biasa yang patut didukung.

“Humbahas dikepemimpinan Dosmar-Saut, kita berdiri terdepan soal Otorita Danau Toba ini,” terangnya.Dosmar selaku pimpinan tertinggi di Humbahas, meminta dan mengharapkan seluruh komponen masyarkat terlebih yang tinggal di kawasan Danau Toba, Bakktiraja turut mendukung program pemerintah ini.

“Masyarkat diharapkan melakukan action guna mewujudkan destinasi wisata Danau Toba ini, karena tujuan dan manfaat pengembangan Danau Toba pada hakikatnya untuk masyarakat itu sendiri,” tandasnya.

Terkait persoalan infrastruktur dan akses menuju Danau Toba di Bakkara, Dosmar optimistis bisa dikembangakan melalui pendekatan persuasif, budaya dan kultur dengan masyarkat sekitar.

“Untuk budjet biaya perbaikan infrastruktur menuju kawasan pariwisata ini berasal dari pusat, namun demikian nanti kita programkan juga dana dari APBD Humbahas mendukung memfasilitasi aspek kebutuhan pengembangan Danau Toba ini. Kami juga yakin masyarakat akan mendukungnya,” kata Dosmar.

Terkait dukungan itu, menurut Dosmar, program pemerintah pusat itu bertujuan untuk peningkatan taraf ekonomi masyarakat di sekitar Danau Toba. Selama ini, Danau Toba jauh dari harapan. “Kalau tidak siap, berarti Humbang kehilangan momentum sejarah, yaitu bantuan pemerintah soal Danau Toba,” ujar pria kelahiran Kecamatan Pollung ini.

Disinggung kesiapan masyarakatnya nanti, Dosmar optimis masyarakatnya sudah siap. Di mana menurutnya, jauh sebelumnya dia sudah melakukan pendekatan kepada masyarakatnya akan adanya perubahaan nantinya sesuai program Jokowi yang telah diketahuinya.

”Jauh sebelumnya kita sudah melakukan pendekatan dengan masyarakat, baik pendekatan secara komunitas, pendekatan personal, pendekatan kebudayaan dan pendekatan marga-marga. Dan itu semua adalah untuk meningkatkan taraf ekonomi di sekitar masyarakat Danau Toba,” kata dia.

Senada juga disampaikan Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit BA. Politisi Partai Golkar ini, juga mendukung adanya program pemerintah pusat tersebut untuk mempercepat pembenahaan kawasan Danau Toba agar menjadi wisata Monaco Of Asia.

Dia memastikan pihaknya siap mendukung dengan cara program yang akan disampaikan oleh pemerintah daerahnya.

Disinggung penyesuaian APBD daerah sendiri untuk turut bagian dari pembenahaan tersebut, Manaek menegaskan sesuai kemampuan anggaran daerahnya. ”Bila sesuai kemampuan, kenapa tidak demi kemajuan wisata apalagi di Humbahas ini,” kata dia.

Bila itupun terwujud, sambungnya, tujuannya sangat bagus demi pendapatan daerah. Apalagi, wisata yang diprogramkan pemerintah pusat merupakan wisata dunia. (cr-01/bl)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s