Plt Gubsu Canangkan PIN di Tuktuk Siadong Samosir

Dihadiri Bupati Taput Drs Nikson Nababan
Simanindo – Plt Gubsu Tengku Eri Nuradi menyampaikan sebanyak 1.556.526 balita yang ada di Sumatera Utara diharapkan bisa ikut serta dalam Gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang digelar mulai 8 Maret hingga 15 Maret mendatang.

Hal ini disampaikannya pada pencanangan Gerakan Nasional Pekan Imunisasi Nasional atau PIN Polio tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diadakan di pelataran parkir Information Tourism Center (ITC) di Kelurahan Tuktuk Siadong, Simanindo, Selasa (8/3).

Acara yang diawali dengan pemberian ulos oleh tokoh masyarakat kepada Plt Gubsu dimulai dengan paparan dari Kadis Kesehatan Pempropsu Dr.Siti Hatati Surjantini yang menyampaikan, kegiatan jumlah sasaran PIN Polio di Sumut, yakni jumlah balita 0-59 bulan mencapai 1.556.525 anak dengan jumlah Pos PIN 17.027 Pos.

Kemudian Gubsu menyampaikan, Indonesia telah berhasil mendapatkan sertifikasi bebas polio bersama negara negara South East Asia Region (SEARO) lainnya pada bulan Maret 2014. Akan tetapi masih ada dua negara yaitu Afganistan dan Pakistan yang masih endemis polio.

Untuk menyikapi hal ini, dibutuhkan komitmen seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia untuk bersama sama melakukan upaya pelaksanaan tahapan kegiatan menuju dunia bebas polio pada tahun 2020.

“Melalui pekan imunisasi nasional, semua anak balita diberi imunisasi tambahan polio, agar mereka kebal terhadap penyakit polio, kegiatan ini dilaksanakan serentak, sehingga diharapkan melalui PIN di Indonesia khususnya di Sumut dapat mempertahankan status bebas polio dan berkontribusi dalam mewujudkan dunia bebas polio pada Tahun 2020,” ujar politisi dari Partai Nasdem ini.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Juang Sinaga, Bupati Taput Nikson Nababan, Plt Bupati Simalungun Binsar Situmorang, Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata, Ketua PKK Samosir Sorta Siahaan, anggota DPRD Sumut Sarma Hutajulu dan seluruh camat dan masyarakat sekitar Tuktuk Siadong.

Sementara itu, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon dalam sambutannya juga menyambut baik pencanangan Gerakan Nasional Pekan Imunisasi Nasional atau PIN Polio tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diadakan di Tuktuk Siadong, Simanindo. Rapidin berharap anak anak Indonesia secara khusus di anak anak di Samosir bebas dari polio dan menjadi anak yang sehat.

Pra Musrenbang

Dari daerah yang sama dan hari yang sama, Plt Gubsu Tengku Eri Nuraedi juga membuka Pra Musrembang tingkat provinsi zona kelompok tiga yakni meliputi daerah, Samosir, Tobasa, Humbang Hasundutan, Taput, Dairi dan Simalungun.

Tema yang diusung Sinergitas pembangunan dalam meningkatkan daya saing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Plt Gubsu juga membacakan beberapa point dalam Pra Musrembang seperti harus siap menghadapi era MEA dan pembangunan mental dengan revolusi karakter bangsa.

Tidak itu saja, Danau Toba menjadi Monaco of Asia juga tidak luput dari perhatian pembahasan Pra Musrembang serta meminta supaya pemerintahan kabupaten se kawasan Danau Toba bisa seirama dan bersinergi demi pembangunan daerah di kawasan Danau Toba.

“Nawacita yang dicanangkan presiden harus bisa menghadirkan kembali negara sebagai pihak yang memberikan rasa aman dan sejahtera bagi masyarakat dengan membangun Indonesia dari pinggiran,” tegas Eri. (fra)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s