DPRD Minta Pemkab Bangun Destinasi Wisata

TobasaBalige – Dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang sekaligus mengembangkan sektor pariwisata, DPRD Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) meminta pemerintah kabupaten membangun destinasi wisata di daerah itu.

Hal itu disampaikan anggota DPRD dari Dapil I dalam rapat paripurna DPRD Tobassa tentang pelaksanaan reses DPRD masa reses I tahun anggaran 2016 yang berlangsung di gedung dewan di Balige, Rabu (2/3).

“Kami minta agar SKPD serius mewujudkan pantai Pakkodian dan Pantai Lumbanbulbul menjadi destinasi wisata di Tobasa. Harapan kami, tahun 2017 sudah terealisasi, sehingga dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat,” tutur Binner Tambunan, Ketua Tim Reses Dapil I saat membacakan hasil reses bersama anggota DPRD lainnya.

Selain itu, mereka dari Dapil I, yakni St Sabaruddin Tambunan, Drs Sahala Tampubolon, Tony M Simanjuntak, Eduard Simanjuntak,n
Pagartua Siahaan, dan Bulan Siahaan meminta agar Pemkab Tobasa memprioritaskan pembangunan irigasi dan jalan usaha tani di daerah itu untuk memdukung sektor pertanian.“Kami harap aspirasi masyarakat dan usulan ini dapat ditampung dan direalisasikan tahun depan,” pintanya.

Selain itu, DPRD dari 4 dapil lainnya meminta agar Pemkab Tobasa memberikan perhatian serius dalam pengelolaan dana desa. Sehingga tidak sampai ada aparat desa nantinya yang terjerat hukum akibat ketidakpahamannya dalam pengelolaan anggaran.

“Diminta kepada pemkab Tobasa agar mensosialisasikan penyelenggaraan Dana desa dan ADD, jangan sampai tidak tepat, nanti terjadi masalah hukum,” kata Tomson Manurung Ketua Tim Reses Dapil II.

Winner Sinambela, Ketua Tim Reses Dapil III juga menyebutkan, agar BPBD mendampingi kepala desa dalam mengelola dana desa. Kemudian memberdayakan sumberdaya alam yang ada dalam pembangunan fisik penggunaan dana desa.

Dari Dapil IV juga memberikan perhatiannya tentang pengelolaan dana desa dan ADD. Menurut mereka, pengelolaan ADD dan dana desa merupakan tanggung jawab penuh aparat desa. Sehingga untuk mengantisipasi kesalahan, diharapkan SKPD terkait memberikan sosialisasi serius kepada aparat desa. Dan kalau memungkinkan, melibatkan seorang aparat pemerintah untuk setiap desa dalam pengelolaan anggaran tersebut.
Sementara itu dari dapil V, melalui Ketua Tim Reses Usden Sianipar menegaskan, agar isntansi terkait lebih aktif membantu kepala desa dalam pengelolaan ADD, sehingga tidak sampai menyalahi aturan.

“Karena di lapangan, masih banyak kepala desa yang belum paham dalam pengelolaan anggaran. Jangan sampai ada yang terjerat hukum nanti,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Toba Samosir Asmadi Lubis SH MKn saat memimpin rapat paripurna, meminta Bupati Toba Samosir untuk menampung dan melaksanakan hasil reses yang dilakukan oleh anggota DPRD Toba Samosir yang merupakan bagian dari skala prioritas pembangunan di Tobasa.

Menurutnya, pihak eksekutif selama ini tidak melaksanakan apa yang menjadi hasil dari reses yang dilakukan oleh anggota DPRD Toba Samosir. Padahal, apa yang ditampung pada saat reses, merupakan aspirasi dari masyarakat. “Jangan seperti pada pemerintahan sebelumnya, bahwa hasil reses yang dilakukan oleh anggota DPRD Toba Samosir tidak ditampung oleh eksekutif. Padahal hasil reses ini merupakan aspirasi dari masyarakat. Oleh karenanya, kami minta kepada Bupati dan Wakil Bupati Tobasa untuk melaksanakan dan menindaklanjuti hasil reses ini,” pintanya.

Seperti diketahui, rapat paripurna penyampaian hasil reses tahap I tahun 2016 itu dihadiri langsung Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dan Wakil Bupati Toba Samosir Ir Hulman Sitorus. Paripurna DPRD Tobasa tersebut merupakan yang pertama diikuti bupati dan wabup hasil Pemilukada 9 Desember lalu. (ft)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s