Tiap Hari, Mengeruk Keuntungan hingga Rp1 M

Penambang Batu Liar Marak di Taput
batuPagaran – Para penambang batu liar yang diduga tidak memilik izin galian C marak bermunculan di Kabupaten Taput. Setiap hari diperkirakan para penambang liar mengeruk keuntungan hingga Rp1 miliar.

Penambang batu liar itu menjalankan operasinya dengan memakai alat-alat berat (escavator) untuk mengambil batu dari pegunungan Batu Harang, Kecamatan Pagaran, Taput. Bahkan mereka tidak lagi takut kepada petugas yang datang ke lokasi, karena izin galian C sudah dikeluarkan oleh Pemprovsu.

“Penambang batu di Batu Harang Sipultak, Kecamatan Pagaran tersebut tidak ada izinnya. Dalam waktu dekat kita bersama Satpol PP, Dinas Pertambangan dan Energi dan Kantor Lingkungan Hidup akan menertibkannya. Izin galian C ini menjadi dilema bagi kabupaten, sebab kewenangannya sudah di provinsi. Begitupun tidak masalah karena daerah bisa saja berhak melakukan penertiban. Apalagi yang dirugikan adalah Taput” ujar Kepala Badan Perizinan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Taput Alkari Purba kepada wartawan, Senin (29/2) di Tarutung.

Alkari menyebut, kondisi sekarang ini sudah banyak penambang liar yang mendesak ditertibkan, sebab lokasi penambangan sudah mengancam kondisi lingkungan hidup.

Ini semua sebagai dampak telah dikeluarkannya PP No 23 tahun 2014 tentang Kewenangan Pemerintah Daerah, terkait masalah perizinan atau galian C. Semua penambang liar akan kita tertibkan kendatipun bukan Taput yang menerbitkan izinnya. “Paling tidak kita tanya apakah ada izin galian C-nya. Semua instansi terkait akan rapat dulu untuk membahasnya. Yang jelas penambang batu di Pagaran tidak ada galian C,” tandas Alkari.

Terpisah, Kadis Pertambangan dan Energi Taput Polmudi Sagala yang dihubungi wartawan menegaskan, para penambang liar bermunculan di Taput untuk mengeruk tambang batu dari gunung maupun pasir sungai sebagai dampak kewenangan kabupaten untuk menerbitkan galian C telah dicabut.

Satu pemikiran pada “Tiap Hari, Mengeruk Keuntungan hingga Rp1 M

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s